STRATEGI PROMOSI “BATIK PESISIR” DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PECINTA BATIK PEKALONGAN (STUDI DESKRIIPTIF TENTTANG STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PECINTA BATIK PA

ABDUL HUDA (2015) STRATEGI PROMOSI “BATIK PESISIR” DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PECINTA BATIK PEKALONGAN (STUDI DESKRIIPTIF TENTTANG STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PECINTA BATIK PA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB)

Abstract

*327 Seiring dengan perkembangan zaman dan budaya Indonesia yang beraneka ragam, bisnis dan budaya di bidang batik juga mengalami perkembangan ditengah zaman yang semakin modern ini, yang ditunjukkan oleh fakta penjualan batik diIndonesia dan dunia semakin meningkat PT. Batik Pesisir Pekalongan adalah satu dari sekian banyak perusahaan batik pesisir di Pekalongan yang memakai sutra serta motif Pekalongan sebagai keutamaan produknya. Untuk mempertahankan dan mengembangkan budaya serta bersaing dalam pemasarannya, PT. Batik Pesisir tidak cukup hanya dengan mengandalkan kreativitas dan pelayanan fasilitas tetapi juga menggunakan strategi bauran promosi.
Penelitian ini menganalisis strategi promosi ”Batik Pesisir” dalam meningkatkan pangsa pasar pecinta batik Pekalongan, terhadap ”Batik Pesisir”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Batik Pesisir dalam meningkatkan pangsa pasar pecinta batik Pekalongan, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat perusahaan dalam memasarkan produk ”Batik Pesisir”. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi promosi dan bauran promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan model kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif dapat diartikan sebagai prosedur atau cara memecahkan masalah penelitian dengan menerapkan keadaan obyek yang di selidiki. Data-data atau informasi aktual dikumpulkan dengan rinci, diidentifikasi, diperbandingkan dan dievaluasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi produk “Batik Pesisir” didasarkan pada analisis SWOT yang meliputi komponen yaitu kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats). Selanjutnya dilakukan langkah-langkah dalam melakukan promosi yang diawali dari penentuan target dan tujuan promosi, merancang pesan, penentuan anggaran dan penentuan bauran promosi. Media yang digunakan dalam melakukan strategi promosi “Batik Pesisir” adalah melalui pameran, brosur, spanduk, billboard, iklan di koran Wawasan dan Republika, pemberian discount, internet, presentasi penjualan dan sponsorship. Adapun faktor pendukung promosi “Batik Pesisir” kebutuhan masyarakat terhadap batik meningkat, serta faktor penghambatnya adalah periodesasi promosi produk “Batik Pesisir” kurang maksimal, antara produk yang ditawarkan dan ketersediaan produk terkadang tidak sejalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *327 STRATEGI PROMOSI, BATIK PEKALONGAN, PT. BATIK PESISIR
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:14
Last Modified: 16 Feb 2022 07:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21298

Actions (login required)

View Item
View Item