ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN HAK ANGKET DPRD DKI JAKARTA TERHADAP AHOK DI SURAT KABAR ONLINE DETIK.COM DAN KOMPAS.COM PERIODE BULAN MARET 2015

GIAN ANDRIANSYAH PRATAMA (2015) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN HAK ANGKET DPRD DKI JAKARTA TERHADAP AHOK DI SURAT KABAR ONLINE DETIK.COM DAN KOMPAS.COM PERIODE BULAN MARET 2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai pemberitaan hak angket DPRD DKI Jakarta terhadap Ahok yang dimuat di surat kabar online Detik.com dan Kompas.com selama bulan Maret 2015. Hak angket menjadi kontroversi dikarenakan saling tuding antara DPRD DKI dan Ahok mengenai keaslian APBD DKI Jakarta tahun 2015 yang ditolak Kemendagri yang menyebabkan hubungan mereka memanas sehingga DPRD DKI mengeluarkan hak angket terhadap Ahok. Pemberitaan yang dilakukan oleh Detik.com dan Kompas.com cenderung berbeda dalam peristiwa ini seperti memberikan pandangan terkait keputusan hak angket hingga berjalannya proses penyelidikan hak angket.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peristiwa hak angket dikonstruksi dan dibingkai oleh surat kabar online Detik.com dan Kompas.com dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konstruksi pemberitaan kedua media tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing dengan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Hasil penelitian memperlihatkan frame besar dari Detik.com adalah setuju terhadap hak angket dan Kompas.com adalah tidak setuju terhadap hak angket. Detik.com merekonstruksi keputusan hak angket adalah hal yang benar dengan bingkai berita yang memperlihatkan alasan-alasan dari sisi positif terhadap keputusan maupun berjalannya proses penyelidikan hak angket. Kompas.com merekonstruksi keputusan hak angket adalah hal yang salah dengan bingkai berita yang mengkritisi keputusan maupun berjalannya proses hak angket dari pandangan-pandangan pakar dengan penggunaan kata yang menjatuhkan DPRD DKI. Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan konstruksi Detik.com dan Kompas.com antara lain adalah faktor ideologi yang melatarbelakangi berdirinya kedua media tersebut dan ideologi kepemilikan media, dan faktor ekstra media dalam hal pemilihan sumber berita.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *358 FRAMING, HAK ANGKET, DETIK.COM, KOMPAS.COM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:14
Last Modified: 17 Feb 2022 04:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item
View Item