Rekyan Muninggar (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 6 DAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2) Mengetahui peran guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi komparasional. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammadiyah 2. Penentuan sampel dilakukan dengan Teknik random sampling dengan perhitungan jumlah sampel dari setiap sekolah menggunakan rumus slovin. Sampel untuk SMA Negeri 6 sebanyak 74 dan SMA Muhammadiyah 2 sebanyak 68. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Instrument penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independent sampel test.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) terdapat berpedaan kemampuan berfikir kritis yang signifikan dari siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Siswa SMA Negeri 6 mendapatkan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 95,70. Siswa SMA Muhammdiyah 2 mendapat nilai sebesar 88,41. 2) Guru di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammdiyah 2 Yogyakarta sangat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Dalam pelajarannya setiap guru mempunyai cara tersendiri untuk melatih siswa meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Perbedaan kedua sekolah merupakan metode yang dugunakan guru dan karakteristik siswa yang berbeda-beda, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dari kedua sekolah juga berbeda.
Dosen Pembimbing: | DR. ARIF BUDI RAHARJO,M.SI | NIDN0507086701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 03:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |