Anas Hanif Muqodas (2020) EVLUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU TINGKAT SDLB PUSPA MELATI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI), (2) Mengkaji bentuk penyesuaian pembelajaran
PAI, (3) Mengkaji proses pembelajaran PAI, (4) Mengidentifikasi hasil
pembelajaran PAI pada anak tunarungu tingkat SDLB di SLB Puspa Melati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif melalui model CIPP
(Contenxt, Input, Process, Product) dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan model deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SLB Puspa Melati yang
beralamatkan Pudak, Tepus, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Subjek penelitian
ini adalah guru Pendidikan Agama Islam jurusan tunarungu tingkat SDLB dan
Kepala Sekolah SLB Puspa Melati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif, menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Untuk keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian (1) kurikulum 2013 disesuaikan dari hasil observasi guru
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dimana disesuaikan dari kebutuhan dan
kemampuaan siswa tunarungu. (2) merubah dari kurikulum 2013 dilihat dari
masing – masing siswa tunarungu, serta diubah metode penyampaiannya yang
dapat dipahami oleh siswa tunarungu. (3) untuk proses pembelajaran dilihat dari
segi proses belajar mengajar menggunakan kurikulum 2013 yang disesuaikan siswa
tunarungu. Metode penyampaian dengan metode demonstrasi dan “Learning by
Doing”. (4) Dari hasil penelitian proses pembelajaran sudah cukup berhasil, namun
program yang dibuat harus dikoordinasikan lagi antara guru mata pelajaran dengan
guru kelas.
Dosen Pembimbing: | Drs. DWI SANTOSA AB, M. Pd | NIDN0501035702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |