PENILAIAN RISIKO KARIES DENGAN METODE IRENE’S DONUT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGANDA (PENELITIAN PADA SISWA SLB TUNAGANDA SAYAP IBU KALASAN YOGYAKARTA)

FARA FAUZANA (2015) PENILAIAN RISIKO KARIES DENGAN METODE IRENE’S DONUT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGANDA (PENELITIAN PADA SISWA SLB TUNAGANDA SAYAP IBU KALASAN YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan data WHO, jumlah anak-anak tunaganda berkisar 7-10 % dari jumlah seluruh anak yang ada di Indonesia. Hampir semua anak tunaganda mempunyai keterbatasan baik di dalam perkembangan mental maupun kondisi fisik, salah satunya adalah risiko karies gigi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penilaian risiko karies gigi pada anak tunaganda di SLB Kalasan Yogyakarta dengan menggunakan metode Irene’s Donut, (2) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara risiko karies gigi terhadap perilaku kesehatan dan keseharian dari anak tunaganda. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Tunaganda Kalasan Yogyakarta pada tanggal 16 Juni 2015. Dalam penelitian ini, seluruh anak di SLB Tunaganda Kalasan Yogyakarta menjadi populasi penelitian menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Peneliti memilih sampel 20 anak tunaganda berdasarkan kriteria inklusi. Metode penelitian menggunakan observasional deskriptif dengan menggunakan software Irene’s Donuts. Hasil penelitian menunjukan bahwa resiko karies gigi di SLB Tunaganda Kalasan Yogyakarta adalah 5 anak (25%) dengan resiko karis gigi sedang, dan 13 anak (65%) dengan resiko karis gigi tinggi.
Kata kunci : penilaian risiko karies, tunaganda, metode Irene’s Donut

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *537 PENILAIAN RISIKO KARIES, TUNAGANDA, METODE IRENE’S DONUT CARIES RISK ASSESSMENT, DOUBLE SPECIAL NEEDS CHILDREN, IRENE'S DONUT DESIGN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:00
Last Modified: 04 Jan 2022 07:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item
View Item