PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DAN RUMAH SAKIT NON PENDIDIKAN (KAJIAN DI RSGMP UMY DAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL)

RIKI SETIAWAN (2015) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DAN RUMAH SAKIT NON PENDIDIKAN (KAJIAN DI RSGMP UMY DAN RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (117kB)

Abstract

*546 Rumah sakit merupakan salah satu mata rantai penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Rumah sakit menurut fungsinya adalah sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan medis, penunjang medis, administrasi dan manajemen, dan juga dapat digunakan sebagai tempat pendidikan/pelatihan dan pengembangan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah yang menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, dan dapat menimbulkan kepuasan pada pasien.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Subyek penelitian ini adalah pasien pengunjung rumah sakit (RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul) yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Instrument penelitian menggunakan PSQ (Patient Satisfaction Quesioner) yang telah dimodifikasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,329, dimana p >0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna pada tingkat kepuasan pasien.
Penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat yang perbedaan berkmana pada tingkat kepuasan pasien di RSGMP UMY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *546 RUMAH SAKIT, KEPUASAN PASIEN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:05
Last Modified: 14 Feb 2022 08:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item
View Item