Ukhti Istislamulillah (2020) ANALISIS BAHAN AJAR BAHASA ARAB TERBITAN LEMBAGA PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH (LP3M) TAHUN 2019. (STUDI KESESUAIAN DITINJAU DARI STANDAR BSNP). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (963kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ukhti Istislamulillah, 2020. Analisis Bahan Ajar Bahasa Arab Terbitan Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP3M) Tahun 2019. (Studi Kesesuaian ditinjau dari Standar BSNP).
Buku ajar merupakan komponen sistem pembelajaran yang penting dalam pencapaian kompetensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar bahasa Arab kelas 10. Buku ajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 10 Terbitan Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP3M). Buku ini akan dianalisis kualitasnya dari 4 aspek komponen kelayakan menurut standar BSNP, yaitu : kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan menggunakan identifikasi analisis data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Adapun langkah dalam menganalisi adalah : merumuskan masalah penelitian; melakukan studi pustaka; menentukan tempat observasi dan objek penelitian; menentukan sampel; menentukan variabel; membuat ketegorisasi; mengumpulkan data; mengolah data; menyajikan data; dan menyusun laporan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah 1) karakteristik buku ajar sudah bagus, karena memiliki halaman sampul yang menarik, materi yang disajikan sesuai dengan tingkatan peserta didik, tata letak buku ajar konsisten dan soal-soal yang disajikan bervariasi. 2) buku ajar menunjukan kualitas isi dengan nilai 68, kualitas penyajian dengan nilai 52, kualitas bahasa dengan nilai 30 dan kualitas kegrafikan dengan nilai 200. 3) terdapat pengaruh penggunaan buku ajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kostribusi sebesar 15% atau 0,145 yang bernilai positif.
Kata Kunci : Analisis, Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Kelayakan Bahasa, dan Kelayakan Kegrafikan
Dosen Pembimbing: | ROOJIL FADHILAH BIN AKHMAD, LC., M.PD.I. | NIDN0519048801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |