Antonio Domingos Moreira (2020) STUDI EKSPLORASI KUALITAS PENDIDIKAN KEPERAWATAN DI DILI TIMOR LESTE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang: Pada dunia keperawatan, pendidikan perawat banyak menggunakan berbagai teknik untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses pendidikan merupakan sistem yang terintegrasi dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh menyangkut aspek input, process dan output. Tujuan penelitian adalah Untuk mengeksplor Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Keperawatan di Timor Leste Timor Leste.
Metode Penelitian: Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Subyek penelitian 15 orang dosen (Undil, Unital, ICS), 15 mahasiswa (Undil, Unital, ICS) dan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, Keabsahan data dengan triangulasi dengan mahasiswa, dosen, analisa data dengan model interaktif.
Hasil Penelitian: Kualifikasi pendidikan dosen belum semua berkualifikasi S2, Metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dan di laboratorium dengan metode demontrasi serta kalau di rumah sakit terdapat CI akademik memonitoring dan terdapat persamaan persepsi dengan CI lahan praktek dan ada tugas Asuhan keperawatan (askep), Reward sudah ada dan punishment tidak ada.
Kesimpulan: Kualitas pendidikan Undil masih belum terstandar, kualitas pendidikan di UNITAL dapat disimpulkan masih belum terstandar, kualitas pendidikan di ICS dapat dikategorikan sudah terstandart dan disarankan untuk instansi pendidikan keperawatan di Timor Leste meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dapat mencetak kualitas yang mampu berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
Dosen Pembimbing: | FITRI AROFIATI, S.KEP., NS., MAN., PH.D. | NIDN0609097201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:35 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 06:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |