Muhammad Alvin Syarif M. (2020) MOTIF PENGGUNA AKTIF APLIKASI KENCAN ONLINE TINDER. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tulisan ini mengkaji sebuah permasalahan mengenai bagaimana motif penggunaan aplikasi kencan online Tinder di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemilihan Tinder menjadi sebagai obyek yang diteliti karena Tinder merupakan salah satu dari 5 Top Aplikasi Kencan Online yang memiliki pengunduh terbanyak. Tinder juga cukup terkenal dikalangan pengguna aktif media sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Informan berjumlah 5 orang yang bertempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sudah menggunakan aplikasi tersebut lebih dari 6 bulan sejak tahun 2018. Informasi yang diperoleh dari para informan kemudian dianalisis dengan teori Uses and Gratification dan teori motif penggunaan media baru (new media).
Hasil penelitian ini menemukan bahwa motif pengguna aktif aplikasi kencan online Tinder terdiri dari motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Faktor dominan informan dalam menggunakan Tinder adalah dalam rangka memuaskan rasa ingin tahu mereka tentang pengguna atau lawan jenis lainnya dan pemenuhan kebutuhan untuk tujuan tertentu melalui aplikasi Tinder.
Kata Kunci : Media Baru, Motif, Kencan Online, Tinder
Dosen Pembimbing: | DR. SUCIATI, S.SOS., M.SI. | NIDN513047201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S3) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:16 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |