Alif Fakhrurrozi (2020) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI VORSCA DALAM MENARIK PELANGGAN DI YOGYAKARTA TAHUN 2017. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan media sosial instagram dalam kegiatan promosi Vorsca pada tahun 2017. Vorsca merupakan sebuah produk yang menjual pewangi atau pengharum sepatu di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan kerangka teori komunikasi pemasaran online untuk menganalisis kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Gate Store dalam menarik pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan instagram sebagai bentuk dari internet marketing mampu menjadi alat untuk menarik minat konsumen dalam membeli sebuah produk. Upaya menarik minat pelanggan dilakukan Vorsca dengan dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosinya. Instagram merupakan media yang tepat untuk digunakan dalam menjangkau target konsumen dari vorsca yang merupakan berusia 15-35 tahun yang menggunakan instagram sebagai media informasi dan interaksi. Selain itu fitur-fitur yang disediakan seperti komentar dan likes serta direct message membantu Vorsca untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Pengelolaan instagram sebagai alat promosi juga di-integrasikan dengan kegiatan promosi lainya seperti periklanan, publisitas serta promosi penjualan. Diantara aktivitas tersebut, Penjualan Promosi Online (Sales Promotion Online) adalah aktivitas promosi online yang paling sering dilakukan oleh Vorsca melalui Instagram dalam bentuk promo-promo terbaru seperti promo potongan harga atau buy 2 get 1. Hal ini terbukti dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengetahui produk vorsca yang dilihat dari feedback para pengguna instagram.Terdapat beberapa faktor yang mendukung Instagram menjadi media promosi online Vorsca seperti biaya yang rendah, bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, dibandingkan promosi melalui TV, Billboard, dan lain-lain.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Instagram, Vorsca.
Dosen Pembimbing: | SOVIA SITTA SARI, S. IP., M.Si. | NIDN0503036901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S3) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:07 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |