NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM WAHYU PERTAMA (TELAAH TERHADAP SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1-5 DALAM TAFSīR AL-MARAGI)

FAHMI UBAIDILLAH (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM WAHYU PERTAMA (TELAAH TERHADAP SURAT AL-‘ALAQ AYAT 1-5 DALAM TAFSīR AL-MARAGI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam wahyu pertama yaitu suarat al-‘Alaq ayat 1-5 dengan kajian terhadap Tafsīr Al-Marāgī. Sedangkan manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan penelitian tafsir sehingga bisa diambil manfaatnya dan dijadikan teladan bagi umat islam khususnya para pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada peserta didiknya.
Penelitian ini adalah tergolong penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji Kitab Tafsīr Al-Marāgī dengan menggunakan analisis data yaitu analisis isi (conten analisy). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis karena penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa al-Marāgī dalam menafsirkan surat al-‘Alaq ayat 1-5, beliau menyajikan uraian penafsiran dengan bahasa yang ringan serta penafsirannya menggunakan gaya modern yang sesuai dengan tuntunan masyarakat. Adapun kelebihan dan kekurangan al-Marāgī dalam menafsirkan surat al-Alaq ayat 1-5 adalah secara umum kelebihan al-Marāgī ketika menafsirkan surat tersebut, yaitu pemilihan bahasa yang digunakan ringan, mudah dipahami serta menggunakan gaya modern dan ilmiah dalam menafsirkannya sehingga relevan dengan permasalahan pada zaman sekarang. Sedangkan kekurangannya adalah beliau terlalu global dalam menafsirkan surat al-Alaq ayat 1-5, padahal ayat ini begitu serat dengan pendidikan yang membutuhkan penjelasan yang rinci. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam wahyu pertama yaitu dalam surat al-Alaq ayat 1-5 adalah: di dalam ayat satu terdapat nilai pendidikan akhlak berupa mentauhidkan Allah SWT, takwa, dan ikhlas. Kemudian dalam ayat dua terkandung nilai pendidikan akhlak berupa tawadhu’, dan menegakkan keadilan. Sedangkan dalam ayat tiga terkandung nilai pendidikan akhlak berupa tawakal, syukur, raja’, tekun belajar, sabar. Kemudian di dalam ayat empat terkandung nilai pendidikan akhlak berupa ukhwah islamiyah dan di dalam ayat lima juga terkandung nilai pendidikan akhlak yang berupa menuntut ilmu.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Tafsīr Al-Marāgī, Wahyu Pertama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: NILAI, PENDIDIKAN AKHLAK, TAFSīR AL-MARāGī, WAHYU PERTAMA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:41
Last Modified: 27 Jan 2022 07:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item
View Item