SONHAJI (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SKILL LABORATORY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN JIWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) |
Abstract
Abstrak
Pembelajaran komunikasi terapeutik keperawatan jiwa lebih banyak dilakukan
dengan metode demonstrasi melalui pembimbing. Hasil pembelajaran kurang
optimal karena ketidaksamaan penyampaian oleh pembimbing yang satu dengan
yang lain. Pengembangan pembelajaran skill laboratory dengan metode video
diharapkan meminimalkan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Quasy Eksperiment dan rancangan one group pretest-posttest with
control group design dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode
pembelajaran skill laboratory dengan menggunakan video terhadap peningkatan
keterampilan komunikasi terapeutik pada mata kuliah keperawatan jiwa di STIKes
Karya Husada Semarang. Jumlah sampel 75 mahasiswa yang terbagi menjadi 38
mahasiswa kelompok intervensi dan 37 mahasiswa kelompok kontrol. Kelompok
intervensi dibagi 2 kelas dan mendapat perlakuan dengan metode video.
Kelompok kontrol juga dibagi 2 kelas dan mendapat perlakuan dengan metode
demonstrasi oleh 2 orang pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan adanya
meningkatan pada kedua kelompok. Kelompok intervensi meningkat dari 33-34
persen menjadi 67-68 persen, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 33-34
persen menjadi 63-64 persen. Selisih peningkatan kedua kelompok hanya sekitar
4 persen. Keterampilan kedua kelas dalam kelompok intrervensi cenderung sama,
sedangkan keteramppilan kedua kelas kelompok kontrol cenderung berbeda.
Kesimpulan penelituian ini adalah media video efektif untuk pembelajaran
keterampilan komunikasi terapeutik di skill laboratory dan konsisten. Penggunaan
media video perlu dikombinasikan dengan metode lain agar lebih optimal.
Dosen Pembimbing: | PROF. DR. HERU KURNIANTO TJAHJONO, MM | NIDN0527097101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | KATA KUNCI : VIDEO, PENGEMBANGAN MEDIA, SKILL LAB, KOMUNIKASI TERAPEUTIK |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:05 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |