ARIEF HENDRA KURNIAWAN (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 129-132 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MANAR DENGAN AL-AZHAR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (963kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui penafsiran Rasyid Ridha terhadap Surat Al-Baqarah ayat 129-132, (2) mengetahui penafsiran Buya Hamka terhadap Surat Al-Baqarah ayat 129-132, (3) mengetahu persamaan-perbedaan penafsiran Rasyid Ridha dan Buya Hamka terhadap Surat Al-Baqarah ayat 129-132, (4) mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat Al-Baqarah Ayat 129-132. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research).
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka dengan metode pengumpulan data teknik dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis isi (Content Analisys). Tahap awal penggunaan content analisis ini adalah merumuskan dengan tepat apa yang ingin diteliti kemudian memilih obyek penelitian yang menjadi sasaran analisis. Analisis ini didahului dengan pemberian coding terhadap istilah-isilah yang relevan kemudian diklasifikasikan sejauh mana satuan makna berhubungan dengan tujuan penelitian. Satuan makna tersebut kemudian dianalisis dan dicari hubungan satu dengan lainnya untuk menemukan makna, arti, dan tujuan isi komunikasi. Sumber primer yang digunakan adalah Tafsir Al-Manar dan Al-Azhar sedang sumber sekunder adalah Tafsir As-Sa’di, Tafsir Fiẓilalil Qur’an, dan buku lain yang mendukung penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran Rasyid Ridha dan Buya Hamka, termasuk jenis tafsir bi al-ra’y dengan menggunakan metode tahlīlî dan berjenis corak sosial kemasyarakatan. Persamaan penafsiran kedua mufassir ini sama-sama menafsirkan al-kitab dan al-hikmah sebagai Al-Quran dan Sunnah, menjelasakan dalil rasional tentang penyembahan Allah, menjelasakn wasiat Nabi Ibrahim kepada keturunanya. Sedangkan perbedaan keduanya, Ridha menjelaskan ayat dengan kaedah nahwu sharaf dan uslub bahasa yang indah. Hal ini tidak ditemukan dalam penjelasan Hamka. Sedangkan Hamka menjelaskan ayat dengan menjelaskan menambahkan kejadian sejarah manusia yang terkait dengan ayat. Nilai-nilai pendidkan yang terkandung dalam Surat Al-Baqarah Ayat 129-132 secara umum adalah nilai tauhid, keteladanan, ikhlas, cerdas, dan ihsan.
Key-Word: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tafsir Al-Manar dan Tafsir Al-Azhar
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM, TAFSIR AL-MANAR DAN TAFSIR AL-AZHAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:48 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |