FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN STAF PERAWAT DALAM ENAM BENAR PEMBERIAN OBAT DI BANGSAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

BELIAN ANUGRAH ESTRI (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN STAF PERAWAT DALAM ENAM BENAR PEMBERIAN OBAT DI BANGSAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.doc

Download (49kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (53kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.rtf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.rtf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.rtf

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Penerapan Patient safety di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta sudah berjalan dengan baik, salah satunya terkait dalam pemberian obat. Hasil studi pendahuluan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul, dalam penerapan pemberian obatnya masih menggunakan prinsip high alert yaitu obat dengan kewaspadaan tinggi adalah obat-obat yang secara signifikan berisiko membahayakan pasien bila digunakan dengan salah atau pengelolaan yang kurang tepat, sehingga peneliti ingin menggali lebih dalam lagi terkait dengan pemberian obat secara 6 benar. Didapatkan angka kejadian yang diperoleh pada tahun 2012 terjadi 2 kasus kejadian pemberian obat salah rute yaitu merupakan perinsip right route. Pada tahun 2013 terdapat 4 kejadian pemberian obat salah dosis, terjadi peningkatan dari tahun 2012-2013 yang berkaitan dengan medical errror. Informasi yang peneliti terima di bagian diklat, mungkin masih ada kejadian-kejadian dalam kesalahan pemberian obat, akan tetapi belum dilaporkan di bagian tim KARS di RSU PKU Muhammadiyah Bantul, sehingga masih banyak data yang belum terinput.
Melihat dari uraian diatas, terlihat jelas bahwa kencederungan angka kejadian kesalahan dalam pemberian obat meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan perawat dalam menerapkan 6 Benar pemberian obat di RS PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta tahun 2015.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KEPATUHAN, STAF PERAWAT, OBAT, RAWAT INAP
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:38
Last Modified: 25 Jan 2022 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item
View Item