SULASTRI (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIQH MELALUI PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fiqh melalui metode Example Non Example pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 3.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang ditempuh dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A, dengan jumlah 26 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk data observasi dan tes. Sedangkan data kualitatif untuk data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fiqh. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase pada prasiklus 40% (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 53% (kategori cukup) meningkat pada siklus II menjadi 76,5% (kategori tinggi). Sedangkan prestasi belajar siklus I sebesar 57% (kategori cukup). Pada siklus II persentase hasil belajar meningkat menjadi 81% (kategori tinggi sekali).
Dosen Pembimbing: | NURWANTO, S.AG., M.A., M.ED. SELAKU | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | KEAKTIFAN BELAJAR, HASIL BELAJAR, EXAMPLE NON EXAMPLE, DAN PTK |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jan 2022 01:51 |
Last Modified: | 22 Jan 2022 01:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |