PERAN BINA ROHANI DALAM MENINGKATKAN KEAGAMAAN PASIEN HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

RIFNI NURDIENI (2016) PERAN BINA ROHANI DALAM MENINGKATKAN KEAGAMAAN PASIEN HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan Rohani merupakan lokomotif yang dapat menarik dan menggerakan gerbong Rumah Sakit. Ia Bina Rohani ialah motivator dan dinamisator yang memiliki kemampuan untuk mendorong seluruh aktivitas pelayanan rumah sakit menuju visi misi dan tujuan yang diharapkan. Ketika pasien hemodialisa mengalami keputusasaan karena panyakit kronis yang dideritanya, maka Bina Rohani berperan penting dalam proses penyembuhannya, karena tentunya pasien akan merasakan gejala mental yang tidak stabil. Ia merasa dirinya tidak berdaya, tidak dapat berbuat sesuatu sehingga kondisi jiwanya menjadi tertekan, gelisah, cemas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Bina Rohani dalam meningkatan keagamaan pasien Hemodialisa di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif.
Hasil Penelitiannya adalah 1) Peran Bina Rohani RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam menjalankan perannya belum optimal, karena ada beberapa yang kurang dipatuhi dalam pelaksanaannya yakni bina rohani yang fokus dibangsal hemodialisa tidak menginventaris pasien baru dan pasien lama serta tidak menuliskan secara detail materi-materi yang disampaikan dalam ceramah kepada pasien hemodialisa. 2) Proses pelaksanaan bimbingan rohani memiliki perbedaan dalam pelaksanaanya. Ketiga bina rohani melakukan proses bimbingan dengan metode ceramah, sedangkan satu bina rohani menyinergikan metode face to face dan ceramah. 3) Terdapat faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan bimbingan rohani. Adapun faktor pendukung adalah buku santunan rohani, kesamaan usia, sarana dan prasarana memadai dan ketrampilan komunikasi. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu, jumlah personil bina rohani yang minim, komunikasi organisasi lemah, etos kerja yang kurang, kurangnya pelatihan-pelatihan konseling dan sarana prasarana yang kurang memadai.
Kata kunci : Peran Bina Rohani, Keagamaan Pasien Hemodialisa
.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAN BINA ROHANI, KEAGAMAAN PASIEN HEMODIALISA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2023 03:44
Last Modified: 30 Jun 2023 03:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item
View Item