PERBEDAAN KADAR IGG RUBELLA ANTARA WANITA PRANIKAH YANG MEMILIKI DAN YANG TIDAK MEMILIKI RIWAYAT KONTAK ERAT PENDERITA ISPA DENGAN RUAM

RATIH SAFITRI (2011) PERBEDAAN KADAR IGG RUBELLA ANTARA WANITA PRANIKAH YANG MEMILIKI DAN YANG TIDAK MEMILIKI RIWAYAT KONTAK ERAT PENDERITA ISPA DENGAN RUAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Rubella atau campak jerman adalah virus yang termasuk genus ribivirus dari family togavirus yang mengakibatkan infeksi ringan pada orang normal, namun merupakan salah satu agen paling teratogenik. Virus rubella yang menginfeksi wanita hamil dapat menyebabkan gangguan pada janin, berupa gangguan pembentukan organ dan dapat mengakibatkan kecacatan. Penularan infeksi rubella ini dapat melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi Rubella, sekresi nasofaring dan droplet.

Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan melihat riwayat kontak erat penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dengan ruam terhadap kadar IgG rubella. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 90 wanita pranikah yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok responden yang mempunyai riwayat kontak, sebesar 31 orang dan kelompok kedua adalah kelompok yang tidak mempunyai riwayat kontak, sebesar 59 orang.

Penelitian ini dianalisis dengan Man-Whitney karena sebaran datanya tidak normal, dari hasil analisis menunjukkkan adanya perbedaan kadar IgG rubella yang signifikan antara wanita pranikah yang memiliki riwayat kontak erat penderita ISPA dengan ruam dan wanita pranikah yang tidak memiliki riwayat kontak erat penderita ISP Adengan ruam (92.21 50.07 vs 60.60 50.27; Z= 2.726; p = 0.006).

Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa riwayat kontak erat penderita ISPA dengan ruam dapat mempengaruhi kadar IgG rubella pada wanita pranikah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RUBELLA, WANITA PRANIKAH
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2023 03:39
Last Modified: 30 Jun 2023 03:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item
View Item