Nurharzila Noviza (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL WALI KOTA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BATAM TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (735kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan publik tidak bisa terlepas dari peran pemerintah daerah dalam mengelola kebijakan. Sebagai pemegang kebijakan di tingkat daerah, peran Wali Kota sangat penting dalam menyusun dan menjalankan kebijakan-kebijakan strategis sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kota Batam dibawah kepemimpinan bapak Rudi memiliki trobosan untuk meningkatkan pelayanan publik dengan membuat beberapa kebijakan seperti dibentuknya Mal Pelayanan Publik Kota Batam yang menciptakan pelayanan publik satu pintu yang sangat memudahkan masyarakat khususnya masyarakat Kota Batam dalam menerima layanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan gaya kepemimpinan wali kota dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Batam. Penelitian ini disusun dengan harapan mampu memberikan gambaran bagi Wali Kota dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Terdapat empat indikator yang digunakan untuk batasan penelitian yaitu karismatik, inspirasional, stimulasi intelektual dan konsideras individu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan 4 indikator karakteristik kepemimpinan transformatif maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik kharismatik merupakan karakteristik yang paling memiliki peran paling sedikit dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Batam. Hal ini dilihat dari parameter wibawa yang masih kurang. Selain itu berdasarkan 4 indikator karakteristik kepemimpinan transformasional maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik stimulasi intelektual merupakan karakteristik yang memiliki peran paling besar dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini dibuktikan dengan adanya inovasi seperti mall pelayanan publik, program percepatan infrastruktur kelurahan, Apekesah dan Disdukcapilbisa. Selain itu juga dibuktikan dengan sikap profesionalitas Wali Kota Batam yang bekerja berdasarkan regulasi dan tupoksi serta kreatifitasnya dalam pelayanan publik.
Dosen Pembimbing: | ERNI ZUHRIYATI, S.S, S.IP, MA. | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 07:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |