Alba Aldama Mubarrok (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN HASIL OSCE STATION IDENTIFIKASI GIGI BLOK TUMBUH KEMBANG DENTOKRANIOFASIAL DAN OKLUSI MAHASISWA TAHUN PERTAMA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang: Keterampilan klinik merupakan modal utama yang digunakan oleh seorang dokter gigi untuk menentukan suatu diagnosis dan melakukan terapi kepada pasien. Salah satu metode penilaian keterampilan klinis mahasiswa yang banyak digunakan saat ini dengan mempresentasikan shows how adalah OSCE. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi performa kandidat dalam melaksanakan OSCE, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi yaitu kemampuan kognitif, sikap, motivasi, dan efikasi diri dari kandidat. Faktor eksternal yang memengaruhi yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan pendidikan.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan lingkungan pendidikan dengan hasil Objective Structured Clinical Examination (OSCE) station identifikasi gigi blok tumbuh kembang dentokraniofasial dan oklusi.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dan dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah Mahasiswa PSKG FKIK UMY angkatan 2019 sebesar 81 orang dari 94 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan instrumen Medical Achievement Self-efficacy Scale (MASS) digunakan untuk mengetahui efikasi diri responden sebanyak 18 item dan Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) digunakan untuk mengetahui persepsi responden terhadap lingkungan pendidikan sebanyak 50 item. Setelah dilakukan pengambilan data, dilakukan analisis di setiap variabel penelitian.
Hasil: Hasil korelasi antara efikasi diri dan nilai OSCE adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan ditunjukan dengan nilai p=0.385. Hasil korelasi antara lingkungan pendidikan dan nilai OSCE adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan ditunjukkan dengan nilai p=0.308.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan nilai OSCE mahasiswa tahun pertama Kedokteran Gigi FKIK UMY. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan pendidikan dengan nilai OSCE mahasiswa tahun pertama Kedokteran Gigi FKIK UMY.
Dosen Pembimbing: | DRG. INDRI KURNIASIH, M.MedEd | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |