PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG SECARA ONLINE

NARITA ANGGA RIYANTARI (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG SECARA ONLINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Perkembangan tindak pidana perdagangan orang di Indonesia saat ini semakin meningkat. Selain orang dewasa dan perempuan, kini yang menjadi sasaran korban tindak pidana perdagangan orang adalah anak-anak. Usia anak yang masih balita banyak yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang untuk di jadikan sebagi gelandangan dan di ambil organ tubuhnya, sehingga dibutuhkan perlindungan hukum bagi hak-hak korban, selain itu semakin berkembangnya teknologi, maka perdagangan anak tidak hanya secara konvensional saja, namun ada modus baru yang menjadi sarana untuk melakukan tindak pidana perdagangan orang.
Dalam skripsi ini akan diketahui beberapa permasalahan yaitu bentuk modus yang dilakukan oleh pelaku dalam tindak pidana perdagangan anak secara online dan bentuk perlindungan hukum bagi anak korban tindak pidana perdagangan orang secara online. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian normatif, sehingga penulis mengelompokkan data dari literatur dan Undang-undang, data dari media elektronik, dan data hasil wawancara dengan narasumber. Lokasi penelitian penulis yaitu Polda DIY dan Kantor Lembaga Perlindungan Anak Yogyakarta.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa modus yang digunakan dalam perdagangan anak melalui media online ini yaitu dengan menggunakan modus adopsi untuk menyamarkan agar tidak diketahui oleh aparat penegak hukum. Biasanya pelaku mencari seorang anak dari perempuan yang sedang hamil di luar nikah, dari keluarga miskin, sehingga mereka mudah untuk di pengaruhi dengan iming-iming sejumlah uang, dalam upaya perlindungan bagi anak korban tindak pidana perdagangan orang secara online Undang-undang yang ada di Indonesia belum mengatur secara rinci tentang perlindungan anak sebagai korban tindak pidana orang secara online tersebut. Ddalam Undang-undang Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Undang-undang Perlindungan anak juga belum cukup melindungi korban karena hanya memberikan sanksi pidana bagi pelaku, sedangkan korban tidak mendapat ganti kerugian secara materil.
Kata Kunci : Korban, Perdagangan Orang secara Online, Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : KORBAN, PERDAGANGAN ORANG SECARA ONLINE, PERLINDUNGAN HUKUM
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:59
Last Modified: 07 Jan 2022 02:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item
View Item