PERHITUNGAN DEBIT BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM HEC-HMS (STUDI KASUS : DAS KALI PESANGGRAHAN)

ICHSAN DEPRILIANTO (2016) PERHITUNGAN DEBIT BANJIR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM HEC-HMS (STUDI KASUS : DAS KALI PESANGGRAHAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perubahan tata guna lahan sangatlah serius dan harus di beri perhatian lebih karena akan merubah karakteristrik hidrologi yang ada di wilayah tersebut dengan pengalihan fungsi yang awalnya di fungsikan untuk hutan tetapi di pergunakan sebagai area pemukiman, pertanian, industri dan lain lain. Sehingga kondisi sumber air yang ada di wilayah tersebut terganggu dan merubah sifat dari sungai yang berada di dekat wilayah tersebut, bukan tidak mungkin akan menimbulkan bencana yang tidak terduga seperti banjir. Dari dampak tersebut maka perlu suatu upaya untuk pengelolaan sumber daya air, dengan di lakukannya analisis hidrologi. Analisis hidroligi akan didasarkan pada data yang tersedia yang memberikan gambaran tentang prilaku hidrologi di suatu wilayah. Data tersebut dapat berupa data debit dan data curah hujan, bedasarkan sistem hidrologi debit merupakan suatu “keluaran” yang sangat di pengaruhi oleh “masukan” berupa hujan, resapan, penguapan dan lain lain. Oleh sebab itu berbagai metode telah di kembangkan guna mendekati nilai debit yang sesungguhnya, dengan pemodelan yang berbeda-beda.Dari penelitian ini DAS Pesanggrahan memiliki luas DAS sebesar 112,06 km2, dengan panjang sungai utama (L) 66,668 km2.
Banyak model yang dapat di gunakan dalam pemodelan hidrologi ini, salah satunya adalah dengan menggunakan software HEC-HMS versi 4.1 (US Army Corp of Engineering, 2015) sebagai model yang digunakan saat ini, dan perlu di lakukan kajian kinerja model HEC-HMS, dalam hal ini adalah DAS Kali Pesanggrahan. Data curah hujan yang digunakan pada penelitian ini yaitu curah hujan harian maksimum dalam jangka waktu sepuluh tahun dari tahun 1985 sampai dengan tahun 1994 yang di peroleh dari studi pengendalian banjir DAS Kali Pesanggrahan. Data curah hujan harian maksimum ini di dapat dari tiga stasiun hujan yang berada di kali poesanggrahan yaitu Jonggol, Sawangan, dan Darmaga.
Metode perbandingan yang digunakan pada pemodelan HEC-HMS yaitu metode SCS Unit Hydrograf dengan loss method Green and Ampt, Initial and Constant, dan Exponential menghasilkan hasil yang hampir serupa sedangkan perbedaan signifikan terjadi pada loss method SCS Cuve Number. Metode Snyder Unit Hydrograph yang disandingkan dengan Exponential dan Green and Ampt menunjukan hasil yang hampir serupa dengan nilai debit puncak (Qp) untuk Green and Ampt 398 m2/s, Initial and Constant 589 m2/s, SCS Curve Number 57 m2/s, dan Exponential 804 m2/s pada metode SCS Unit Hydrograph, sedangkan loss method SCS Curve Number memiliki hasil yang selalu berbeda dengan nilai paling kecil diantara metode lainnya, olehkarenanya perlu pemahaman metode hidrologi dengan mendalam untuk dapat menggunakan/ memilih metode yang tersedia di dalam HEC-HMS.
Kata kunci : HEC-HMS, DAS, SCS Curve Number, Snyder Unit Hydrograph.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : HEC-HMS, DAS, SCS CURVE NUMBER, SNYDER UNIT HYDROGRAPH
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:31
Last Modified: 07 Jan 2022 02:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26324

Actions (login required)

View Item
View Item