PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) PEMASANGAN INFUS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II

SHAFIRA RIZQA ANANDA (2015) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL (SPO) PEMASANGAN INFUS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Pemasangan infus merupakan prosedur yang sering dilakukan di rumah sakit, namun hal ini mempunyai risiko tinggi terjadinya infeksi nosokomial atau yang sekarang disebut Hospital associated Infections (HAIs) apabila tidak dilakukan sesuai prosedur. Kepatuhan dalam menjalankan standar prosedur operasional pada setiap pemasangan infus berguna untuk mencegah infeksi nosokomial khususnya flebitis. Penelitian yang telah dilakukan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul pada tahun 2012, dari 90% pasien yang dilakukan pemasangan infus, terdapat 3,2% responden yang mengalami flebitis.
Tujuan Penelitian: Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan perawat dalam melaksanakan standar prosedur operasional pemasangan infus di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Metode: Penelitian ini menggunakan desain non eksperimental yang dilakukan secara cross sectional dengan populasi seluruh perawat yang bekerja di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II yang berjumlah 96 orang. Besar sampel 30 orang perawat untuk data kualitatif dan 96 sampel untuk data kuantitatif. Sampel kualitatif diambil dengan menggunakan proportionate simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor internal (umur, jenis kelamin, pendidikan, masa kerja, pengetahuan, sikap) dan faktor eksternal (karakteristik organisasi, karakteristik kelompok, beban kerja, lingkungan kerja, karakteristik pekerjaan), sedangkan variable terikatnya adalah kepatuhan kerawat terhadap SPO dalam melaksanakan tindakan pemasangan infus. Hasil dan Pembahasan: Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji regresi logistik dengan teknik Forward Stepwise. Tingkat kemaknaan yang ditetapkan adalah Sig. 0,05 artinya tidak bermakna sehingga tidak ada pengaruh antara jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, masa kerja, pengetahuan, dan faktor eksternal dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan SPO pemasangan infus. Sedangkan pada sikap didapatkan nilai (Sig.=0,014) yang artinya bermakna sehingga ada pengaruh antara sikap dan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan SPO pemasangan infus.
Kesimpulan: Hasil analisis multivariat menunjukan bahwa dari faktor internal dan faktor eksternal yang diteliti hanya ditemukan satu faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan perawat dalam melaksanakan SPO pemasangan infus yaitu sikap (Sig.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: KEPATUHAN PERAWAT, STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL PEMASANGAN INFUS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:38
Last Modified: 17 Jan 2022 02:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26823

Actions (login required)

View Item
View Item