IMPELEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PEMERINTAHAN KABUPATEN BANTUL MENUJU PEMERINTAHAN DESA BERBASIS ELEKTRONIK (E-DESA) DI DESA BANGUNJIWO

MUKHLIS (2016) IMPELEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PEMERINTAHAN KABUPATEN BANTUL MENUJU PEMERINTAHAN DESA BERBASIS ELEKTRONIK (E-DESA) DI DESA BANGUNJIWO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Maksud dikeluarkan Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2011 Dan Peraturan Bupati No 76 Tahun 2011 Standar Operasional Prosedur Pengembangan dan Pengelolahan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. Yakni untuk mengoptimalkan fungsi sarana dan prasarana teknologi komunikasi yang telah dimiliki pemerintah setempat. Dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan yang berorientasi pada pemanfaatan TIK. Yang dapat mendorong percepatan gerak pembangunan daerah di segala bidang aspek kehidupan yang strategis, tercapainya penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Dalam rangka untuk menguwujudkan potensi sumber daya manusia yang memiliki wawasan dan pengetahuan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan melalui Pelaksanaa kegiatan Program menuju Pemerintahan Desa Berbasis Eletronik (e-Desa). Salah satunya Desa Bangunjiwo di Kecamatan kasihan, yang menjalankan program e-Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Desa dalam menjalan e-Desa, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi Kebijakan dalam menjalankan Program menuju Pemerintahan Desa Berbasis Elektronik (eDesa)
di
Desa
Bangunjiwo.

Dalam Skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang mana penelitiaan ini mengungkapkan fakta dan menjelaskan bagaimana pelaksana Program menuju Pemerintahan Desa Berbasis Elektronik (e-Desa) Di Desa Bangunjiwo. Ada pun tehnik data yang diambil melalui wawancara, dukumentasi, dan observasi. Tehnik analisi data yang di gunakan adalah analisis data, menemukan kesamaan dan perbedaan, melakukan pengamatan langsung, penarik sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan implementasi Program menuju Pemerintahan Desa Berbasis Elektronik (e-Desa) Di Desa Bangunjiwo. Sudah berjalan dengan cukup baik, namun hasil pelaksana belum begitu maksimal terlesasikan ke semua kalangan khususnya ke pada kemasyarakat, ini di karena keterbatasan pengetahuan SDM di bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat kurang, sehingga dalam pelaksanana dilapangan dalam penerapanya Progam di bidang TIK. Dimana Penerapan e-Desa masih ada masyarakat yang belum mengerti tentang sistem Teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis elektronik. Dan dari segi Pelayanan yang ada di Desa Bangunjiwo, sudah berorien-tasi pada pemanfaatan TIK yang mengarah pada pemembentuk dan membangun etos kerja para penyelenggara pemerintahan daerah, tingkat Desa sangat di tanggapi terhadap dinamika pembangunan masyarakat yang kian cepat dan dinamis. Hal ini dapat dilihat diantaranya adalah (1) tahap proses pelaksanaan (2) tahap untuk penentuan sebuah Implementasi kebijakan dalam pengambilan keputusan (3) ketahap mensosialisasikan program di rung lingkup Pemerintah Desa (4) ke tahapan mensosialisaskan ke masyarakat, mengenai Program e-Desa serta proses dalam pelaksanaannya.
Berdasrkan hasil penelitian, secarah keseluruhan Implementasi Kebijakan Program eDesa

sudah berjalan cukup baik yang mana direalisasikan pada tahun 2014 di Desa Bangunjiwo, Kecamatan kasihan Kabupaten Bantul. Ini perlu di dilihat kembali mengenai perkembangan serta di lakukan dan evaluasi dari pemerintah dan instansi yang terkait dalam pelaksanaan programnya. Agar bisa mengetahui hasil perkembanganya, sehinggah pemerintahan bisa meminilisir masalah-masalah yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEBIJAKAN, DESA BERBASIS ELEKTRONIK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:12
Last Modified: 13 Jan 2022 02:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27338

Actions (login required)

View Item
View Item