CYNINTYA RAHMADHANIA ROSAEF (2016) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA PROFESI TERHADAP ASPEK PENTING DALAM PROSES PEMBELAJARAN KLINIK (CLINICAL TEACHING) DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstract.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan kedokteran gigi di Indonesia terdiri dari dua tahap, yakni pendidikan pre klinik dan tahap pendidikan klinik atau pendidikan profesi. Pembelajaran pada masa pendidikan klinik merupakan masa transisional yang penting bagi mahasiswa kedokteran gigi untuk berkembang dari mahasiswa kedokteran gigi menjadi dokter gigi. PSPDG UMY menyelenggarakan proses pembelajaran klinik di RSGM UMY dengan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang ditempuh selama tiga semester dan menerapkan model pembelajaran klinik terintegrasi. Aspek penting yang perlu diperhatikan di dalam proses pembelajaran klinik adalah interaksi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing klinik, aplikasi teori pendidikan dalam proses pembelajaran klinik, dan jenis keterampilan lain yang diterapkan dalam praktik kedokteran gigi.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa pendidikan profesi PSPDG UMY terhadap aspek penting dalam proses pembelajaran klinik di RSGM UMY.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan desain cross-sectional. Penelitian dilakukan di RSGM UMY dengan jumlah sampel sebanyak 77 yang didapat dengan metode pengambilan sampel secara proporsional. Subjek penelitian diminta untuk mengisi kuesioner sebanyak 23 item pernyataan yang mewakilkan aspek dari proses pembelajaran klinik yakni interaksi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing klinik, aplikasi teori pendidikan dalam proses pembelajaran klinik, dan jenis keterampilan lain dalam praktik kedokteran gigi.
Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukan masing-masing aspek proses pembelajaran klinik mendapat nilai persepsi sebesar 72.67%, 78.73%, dan 84.10%. Sehingga, masing-masing ketiga aspek tersebut mendapat kriteria persepsi masing-masing aspek baik, baik, dan sangat baik.
Kesimpulan: Rata-rata nilai dari ketiga aspek proses pembelajaran klinik adalah 78.50%. Sehingga, secara umum gambaran persepsi mahasiswa profesi terhadap aspek penting dalam proses pembelajaran klinik di RSGM UMY adalah baik.
Dosen Pembimbing: | Indri Kurniasih, drg., M.Med.Ed. | NIDN0530087501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | perceptions, profession students, clinical teaching |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > S1 Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jan 2022 07:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |