CHAKRA HAADI SAPUTRO (2016) ASPEK BELAJAR MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (5kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
Abstract
Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang berbasis pada masalah. Masalah tersebut digunakan sebagai stimulus yang mendorong mahasiswa menggunakan pengetahuannya untuk merumuskan sebuah hipotesis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiaspek belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada metode PBL.
Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Mahasiswa farmasi UMY angkatan 2012 sebagai responden yang dipilih menggunakan teknik pemilihan Simple Random Sampling. Aspek belajar terdiri dari lima komponen meliputi: aspek motivasi, keaktifan, ketekunan, kemampuan berpikir dan rasa ingin tahu yang dinilai dengan kuisioner. Kuisioner telah dinyatakan valid setelah melewati uji validitas dan reliabilitas dengan hasil nilai r hitung lebih besar dari r tabel (>0,381). Analisa data menggunakan uji deskriptif analitik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek belajar pada metode PBL masuk kategori tinggi sebesar 76,79%. Aspek motivasi memiliki persentase sebesar 78,57%, keaktifan 76,78%, ketekunan 75,00%, kemampuan berpikir 73,21%, dan rasa ingin tahu sebesar 80,36%.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), aspek belajar.
Dosen Pembimbing: | DRA. SALMAH ORBAYINAH, M.KES., APT. | 0529026802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING (PBL), ASPEK BELAJAR. |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:16 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |