GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI DOKTER GIGI MUDA PERIODE AGUSTUS-OKTOBER DI RSGMP ” ASRI MEDICAL CENTRE ” YOGYAKARTA 2009

Yon Triono (2011) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI DOKTER GIGI MUDA PERIODE AGUSTUS-OKTOBER DI RSGMP ” ASRI MEDICAL CENTRE ” YOGYAKARTA 2009. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (402kB)

Abstract

INTISARI

Komunikasi yang dilakukan oleh dokter gigi muda merupakan hal paling
pokok yang harus dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan lebih jauh, hal ini
yang akan menentukan diagnose keluhan pasien. Apabila komunikasi yang
dilakukan oleh dokter gigi muda sesuai standar komunikasi dokter-pasien dan
pasien dapat dikendalikan maka akan sangat membantu sekali untuk tindakan
selanjutnya dan tentunya akan membuat pasien lebih yakin akan kemampuan
dokter. Kepuasan pasien sangat membantu untuk proses perawatan dan
penyembuhan. Komunikasi dokter-pasien mempunyai efek sangat besar saat
dokter melakukan anamnesa, terutama untuk menggali informasi lebih mendalam
dari apa yang dikeluhkan pasien.

Jenis dari penelitian ini adalah Deskriptif murni yang dilakukan terhadap
161 pasien di RSGM AMC periode Agustus-Oktober, dimana setiap pasien diberi
kuesioner dan menjawab pertanyaan yang ada di kuesioner yang meliputi 7 item
yaotu Membangun sebuah hubungan (Build a relatonsip),)Membuka diskusi
(Oppen the discussion), menyampaikan informasi (Gaters informasi), Memahami
perspektif pasien (Understands the patient's perspective), Berbagi informasi
(Shares information), Meminta persetujuan pasien / merencanakan perawatan
selanjutnya (Reaches agreement (if new/changed plan)), — Menutup diskusi
(Provides closure)

Hasil dari penelitian ini adalah gambaran tingkat kepuasan pasien
terhadap komunikasi yang dilakukan oleh dokter gigi muda. Hasil perhitungan
dari seluruh jawaban pasien pada kuesioner menunjukan tingkat kepuasan pasien
sebagian besar pasien merasa sangat puas terhadap komunikasi dokter gigi muda
di RSGMP Asri Medical Center (AMC). yaitu 76 responden atau 47Y4, lalu sangat
puas sekali 54 responden atau 3494, dan puas 31 responden atau 196 dari 161
responden.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:59
Last Modified: 07 Feb 2022 02:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28169

Actions (login required)

View Item
View Item