PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMUN 1 YOGYAKARTA

BAIQ ROHASLIA R (2008) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMUN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTISARI

Kecentasan Emosi addah faktor yang paling &rperan dalam kesuksesan hidup seseorang. Jika Kecerdasan
Emosi mengambil porsi 80%, maka Kecerdasan Intelektual yang selama ini sering dibicaiakan ternyata
hanya berpemn 20%.
Sementara itu, faktor psikologis yang demikian &sn pada akhimya meaimbulkan pertanyaan, apakah
metode pendidikan di sekolah mempengaruhi Kecerdasan Emosi. Pcogaaiat pendidikan dan para orangtua
mengelub bahwa siswa kelas akselerasi 6dak memiliki kesempataa luas uatuk &lajar mengembanglian
aspek afektif. Peneliaau ini bertujuan untuk mengetahui adakali perbedaan Kecerdasan Emosi antara
siswa kelas Akselerasi dengan siswa kelas reguler di SMUN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional. Diambil 22 subyek siswa kelas akselerasi dan 31
siswa kelas reguler yang diuji menggunakan kuisioner BnrOn Emotional Quotient Inventory.’ Youth
Version. Ter&pat 6 subskala pada kuisioner tersebut yaiN subskala intiapersonal, interpersonal,
general mood, manajemen saes, adaptabilitas, dan impresi positif.
Skor mta-mta Kecenlasan Emosi pada siswa kelas akselerasi adalah 44 sementara siswa kelas reguler
42,3 dengan nila p 0,21 l. Tidak ada nilai yang signifikan pada 6 subskala berdasarkan
analisis stastistik menggunakan independent I-test. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpuJkan
bahwa tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosi pada siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas
reguler di SMUN 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:32
Last Modified: 08 Apr 2022 01:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item
View Item