HUBUNGAN ASAP KEBAKARAN HUTAN DENGAN PENINGKATAN KEJADIAN ISPA ATAS DAN ISPA BAWAH ANAK USIA 0-14 TAHUN DI PUSKESMAS BUKIT HINDU PALANGKARAYA KALIMANTAN TENGAH 2005- 2006

DEWI YULIATI (2007) HUBUNGAN ASAP KEBAKARAN HUTAN DENGAN PENINGKATAN KEJADIAN ISPA ATAS DAN ISPA BAWAH ANAK USIA 0-14 TAHUN DI PUSKESMAS BUKIT HINDU PALANGKARAYA KALIMANTAN TENGAH 2005- 2006. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Kebakaran hutan dan atau lahan di Kalimantan Tengah (khususnya Kota Palangkaraya), terjadi hampir setiap tahun walaupun frekuensi, intensitas, dan lugs arealnya berbeda. Dampak asap menimbulkan gangguan kesehatan seperti ISPA, asma bronkial, bronkitis, pneumonia (radang pare), iritasi mats dan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menurunkan angka kejadian ISPA anak di Puskesmas Bukit Hindu Palangka Raya Kalimantan Tengah. Subyek penelitian adalah pasien ISPA anak usia 0-14 tahun yang didiagnosis ISPA pada periode Januari 2005-Desember 2006. Metode penelitian ini menggunakan design observasional dengan metode cross sectional dengan melihat angka kesakitan ISPA anak usia 0-14 tahun. Data dianalisis dengan uji Korelasi dan Uji regresi Asap kebakaran hutan yang diukur dalam ISPU dengan kejadian ISPA atas anak didapat nilai signifikansi 0,003 dan kejadian ISPA bawah didapat nilai signifikansi 0,018. Nilai keduanya tersebut kurang clan dan nilai signifikansi 0,05. Berarti terdapat hubungan antara asap kebakaran hutan yang diukur dalam ISPU dengan kejadian ISPA atas dan ISPA bawah dimana hubungan keduanya berupa hubungan positif. Pada scat kabut asap kebakaran hutan terjadi pencemaran udara yang terukur oleh standar indeks pencemaran udara dalam kategori berbahaya bagi kesehatan. sehingga mengakibatkan kejadian ISPA anak usia 0-14 tahun juga meningkat. Asap Kebakaran hutan dapat menyebabkan peningkatan ISPA anak baik ISPA atas dan ISPA bawah. Insidensi ISPA tertinggi dialami anak usia 1-4 tahun.
Kata kunci : Map kebakaran Hutan, ISPA atas, ISPA bawah, Palangkaraya. I. Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2. Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:54
Last Modified: 08 Apr 2022 01:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28680

Actions (login required)

View Item
View Item