PENGARUH UKURAN LENGKUNG GIGI RAHANG ATAS (PANJANG DAN LEBAR LENGKUNG GIGI) TERHADAP UKURAN BENTUK WAJAH (TINGGI DAN LEBAR WAJAH) PADA ANAK SUKU JAWA USIA 4-— 5 TAHUN DENGAN STATUS GIZI BAIK

Diana Anggara Sari (2008) PENGARUH UKURAN LENGKUNG GIGI RAHANG ATAS (PANJANG DAN LEBAR LENGKUNG GIGI) TERHADAP UKURAN BENTUK WAJAH (TINGGI DAN LEBAR WAJAH) PADA ANAK SUKU JAWA USIA 4-— 5 TAHUN DENGAN STATUS GIZI BAIK. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bentuk lengkung gigi rahang atas merupakan unsur pembentuk wajah sehingga berpengaruh langsung pada bentuk wajah. Pertumbuhan lengkung gigi berkaitan dengan erupsi gigi. Pertumbuhan wajah terjadi pada anak-anak antara usia 3-4 tahun. Dan pada usia 5 tahun wajah berubah dengan cepat mendekati stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran lengkung gigi rahang atas (panjang dan lebar lengkung gigi) terhadap ukuran bentuk wajah (tinggi dan lebar wajah) pada anak suku jawa usia 4-5 tahun dengan status gizi balk. Penelitian yang digunakan adalah studi epidemiologi analitik klinis. Subyek penelitian ini terdiri dari 120 anak laki-laki dan perempuan usia 4-5 tahun. Ukuran lengkung gigi sebagai variabel pengaruh dan ukuran bentuk wajah sebagai variabel terpengaruh. Pengukuran lengkung gigi terdiri atas, Panjang lengkung gigi yaitu jarak antara permukaan labial gigi incisivus pada garis tengah sampai pada titik tengah garis yang menghubungkan permukaan distal gigi molar kedua desidui kanan dan kiri, dan Lebar lengkung gigi merupakan jarak antara puncak tonjol mesiobukal molar kedua desidui kanan dan kiri. Pengukuran wajah terdiri atas, Tinggi wajah yaitu jarak antara titik nation-gnation, dan Lebar wajah yaitu jarak lurus antara kedua zygion. Pada taraf signifikansi 5% didapatkan perbedaan yang bermakna (p<0.05) pada ukuran lengkung gigi (panjang dan lebar lengkung gigi) dan ukuran bentuk wajah (tinggi dan lebar wajah) pada anak laki-laki dan perempuan usia 4 tahun dan 5 tahun. Pada taraf signifikansi 5% didapatkan pengaruh yang bermakna (p<0.05) dari ukuran lengkung gigi (panjang dan lebar lengkung gigi) terhadap ukuran bentuk wajah (tinggi dan lebar wajah) pada anak laki-laki dan perempuan usia 4 tahun dan 5 tahun.
Data kunci : ukuran lengkung gigi, panjang lengkung gigi, lebar lengkung gigi, nictimn hentiik waiah waiah_ lehar waiah.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:53
Last Modified: 08 Apr 2022 02:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item
View Item