PENGUKURAN TEKANAN INTRAOKULAR (TIO) PADA MATA NORMAL DIBANDINGKAN DENGAN MATA PENDERITA MIOP SEBAGAI FAKTOR RISIKO TERJADINYA GLAUKOMA

MUFLIHATUR RASYIDAH (2011) PENGUKURAN TEKANAN INTRAOKULAR (TIO) PADA MATA NORMAL DIBANDINGKAN DENGAN MATA PENDERITA MIOP SEBAGAI FAKTOR RISIKO TERJADINYA GLAUKOMA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengukuran tekanan intraokular merupakan pemeriksaan rutin yang penting pada mata dan merupakan salah satu tanda untuk mengetahui kondisi mata seseorang dalam menilai dinamika humor aquos. Tekanan intraokular adalah tekanan yang dihasilkan oleh isi bola mata terhadap dinding bola mata. Tekanan intraokular sangat bervariasi pada orang normal demikian juga pada penderita miop. Distribusi tekanan intraokular rata-rata dari populasi umum berkisar antara 10-20 mmHg. Mata miop lebih rentan terhadap efek peningkatan tekanan intraokular (TIO) dibandingkan pada mata normal (non-miop) dan terutama merupakan risiko tinggi akan terjadinya glaukoma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tekanan intraokular (TIO) pada mata normal dibandingkan dengan pasien miop sebagai faktor risiko terjadinya glaukoma. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan metode observasi klinik non randomize untuk mencari perbedaan hasil pemeriksaan tekanan intraokular (TIO) pada pasien mata normal dan mata miop. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata usia pasien mata normal 21,24 dan pasien miop 26,12 dan rata-rata jenis kelamin pasien mata normal dan miop adalah laki-laki. Pada mata normal dan miop terlihat perbedaan jumah penderita lald-laki dan perempuan, dimana jumlah pasien laki-laki lebih banyak dari pada perempuan 26 penderita (52,0 %). Hasil Uji Statistik dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test menunjukkan distribusi rata-rata tekanan intraokular pada pasien mata normal dan miop baik pada mata kanan maupun mata kin tidak ada perbedaan yang bermakna (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini tidak ditemukan perbedaan yang bermakna tekanan intraokular antara mata normal dan miop, tetapi dijumpai peninggian tekanan intraokular pada beberapa kasus miop dan mata normal pada penelitian ini.
Kata Kunci: tekanan intraokular (TIO), miop, glaukoma

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:22
Last Modified: 14 Apr 2022 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28924

Actions (login required)

View Item
View Item