MUKADIMAH (2009) PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP TAMAN DEWASA CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (0B) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf Download (0B) |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Mukadimah. Pengembangan Kurikulum PAT Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Taman Dewasa Cangkringan Sleman Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum PAI dan usaha pengembangan kurikulum PAT yang dilaksanakan di SMP Tan:an Dewasa Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian in merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada di lapangan dengan observasi dan wawancara serta menggunakan data kepustakaan. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis ;penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran ❑rang secara individu maupun kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif analitik dengan ernpat tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, mengklasifikasikan data, menjelaskan data, dan menarik kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah/yang mewakili, guru PAT dz'n seluruh siswa. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI mencakup pengembangan materi, proses pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi, Pengembangan materi mencakup mareti Ibadah dan Tarikh. Usaha pengembangan kurikulum PAT yang dilakukan adalah dengan mengikuti kegiatan KKG, MGMP dan MKKS. Faktor pengharnbat meliputi: siswa, latar belakang siswa yang tergolong dari keluarga kurang mampu, sehingga kurang memperhatikan pendidikan anak-anknya dan tak jrang baLiyak diternui tidak adanya motivasi belajar; fasilitas pendukung pembelajaran PAI sangat kurang, seperti buku-buku agama yang sangat terbatas; dan media pendukung belajar, yang menjadi permasalahan mendasar proses pembelajaran PAT bagi siswa. Sedangkan faktor pendukung meliputi: guru yang mengajar PAI adalah guru professional dan mempunyai latar belakang akademik pendidikan Islam; letak sekolah yang berada di daerah pedesaan yang tidak terlalu ramai membantu proses aembelaiaran lebih kondusif dan suasana keskrahnn antnra
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Apr 2022 02:41 |
Last Modified: | 16 Apr 2022 02:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |