PENGARUH KONSUMSI PISANG (Musa Sapientum L. var. Gros Michel) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE I

Nazmiansyah (2007) PENGARUH KONSUMSI PISANG (Musa Sapientum L. var. Gros Michel) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE I. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (0B)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (0B)

Abstract

Pisang (Musa Sapientum L. var. Gros Michel) merupakan buah yang banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat sebagai menu diet pada penderita diabetes mellitus. Tujuan dari penelitian ini membuktikan manfaat pisang untuk menurunkan kadar glukosa darah. Subyek penelitian adalah tikus putih galur wistar berusia sekitar 2 bulan, jantan, dengan berat badan 154,07±5,60 gram. Jumlah subyek 15 ekor, dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor. Kelompok kontrol negatif tidak diberi perlakuan apapun selama 10 hari. Kelompok kontrol positif diberi obat glibenklamid satu kali sehari selama 10 hari dengan dosis 0,6 mg/ml, kelompok uji diberi jus pisang satu kali sehari selama 10 hari sebanyak 1,8 gr. Pemeriksaan kadar glukosa darah dilakukan 3 kali, sebelum induksi alloxan, sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan dengan menggunakan reagen KIT Glucose DYASIS. Data penelitian tersebut dianalisis dengan ANOVA satu jalan dan paired sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan kadar rata-rata glukosa darah pada kelompok kontrol negatif sebelum dan sesudah perlakuan adalah 190,49+2,75 mg/dL dan 192,74+2,31 mg/dL. Pada kelompok kontrol positif sebelum dan sesudah perlakuan adalah 190,08+2,08 mg/dL dan 82,26±2,33 mg/dL, dan pada kelompok uji 189,92+2,26 mg/dL dan 89,51+1,17 mg/dL. Hasil uji ANOVA satu jalan sebelum perlakuan menunjukkan hasil yang tidak signifikan yaitu a>0,05. Uji ANOVA satu jalan setelah perlakuan menunjukkan hasil yang signifikan yaitu a<0,05. Nilai a<0,05 menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara kelompok, sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil paired t- Test pada kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif, dan kelompok uji sebelum dan sesudah perlakuan adalah a<0,05. Pada kelompok kontrol negatif menunjukkan peningkatan kadar glukosa darah yang signifikan, sedangkan kelompok kontrol positif dan uji menunjukkan penurunan kadar glukosa darah yang signifikan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pisang (Musa Sapientum L. var. Gros Michel) sebanyak 1,8 gr dapat menurunkan kadar glukosa darah pada tikus putih diabetik induksi alloxan bergalur wistar.
Kata kunci: elukosa darah, diabetes mellitus, Disane

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2022 04:01
Last Modified: 16 Apr 2022 04:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28968

Actions (login required)

View Item
View Item