Muhammad Farid Fadhlurrahman (2021) HUBUNGAN FREKUENSI DAN DURASI BERMAIN MOBILE GAME SHOOTER TERHADAP FUNGSI KOGNITIF PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (793kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
Bab I.pdf
Download (202kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
<p>Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang secara pesat dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi terdapat dalam bentuk sarana hiburan yang biasa disebut dengan video game. Hingga saat ini permainan video dalam bentuk mobile game yang dimainkan dengan perangkat smartphone dengan genre shooter menjadi yang paling populer dikalangan remaja. Perbedaan frekuensi dan durasi yang dihabiskan seseorang dalam bermain gim akan memberikan pengaruh yang berbeda. Telah banyak penelitian yang menunjukan video game dapat memberikan dampak positif maupun negatif pada remaja, salah satunya pada fungsi kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan frekuensi dan durasi bermain mobile game bergenre shooter terhadap fungsi kognitif pada kelompok umur remaja. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah responden sebanyak 72 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner cognitive functioning self-assessment scale yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji korelasi spearman menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain mobile game shooter dengan fungsi kognitif dengan nilai p sebesar 0,279 sedangkan pada uji analisis spearman antara durasi bermain mobile game shooter terdadap fungsi kognitif didapatkan nilai p sebesar 0,0001 yang menunjukan adanya hubungan yang signifikan.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 08:59 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 08:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2924 |