MELDA SILFIANA (2022) DEVELOPMENT OF SERVANT LEADERSHIP THROUGH E-MENTORING (CASE STUDY: STATE ADMINISTRATION AGENCY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu faktor rendahnya kinerja Pegawai Negeri Sipil adalah faktor kepemimpinan. Oleh karena itu, pembinaan dan pelatihan kepemimpinan sangat diperlukan terutama dalam kepemimpinan yang melayani karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat melayani masyarakatnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengembangan kepemimpinan pelayan melalui e-mentoring: studi kasus di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data sekunder yang dikumpulkan dari website instansi (lan.go.id, inoland.lan.go.id, asn-unggul.lan.go.id). Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu servant leadership dan e-mentoring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel servant leadership dan variabel e-mentoring memiliki hubungan satu sama lain. Hal ini didasarkan pada penerapan e-mentoring untuk menjadikan birokrasi pemerintah lebih unggul dan profesional. Hal ini sejalan dengan sembilan indikator yang ada bahwa pelayanan merupakan indikator yang paling mempengaruhi pembentukan karakter kepemimpinan yang melayani. Sedangkan untuk e-mentoring, keterampilan teknologi adalah manfaat yang paling banyak diperoleh dalam implementasi ini. Kemajuan teknologi dan digitalisasi akan menjadikan seorang pemimpin unggul dalam pelayanannya.
Dosen Pembimbing: | DYAH MUTIARIN, PROF. DR., S.IP., M.SI. | NIDN0508117102 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | SERVANT LEADERSHIP, E-MENTORING, SERVICE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 02:05 |
Last Modified: | 19 May 2022 02:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |