PENGARUH INOVASI GERAKAN BANGGA PAKAI PRODUK BUATAN GUNUNGKIDUL "GERBANG PAK PROBO" TERHADAP PENDAPATAN UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2020-2021

ANGGRAINI KURNIA DEWI (2022) PENGARUH INOVASI GERAKAN BANGGA PAKAI PRODUK BUATAN GUNUNGKIDUL "GERBANG PAK PROBO" TERHADAP PENDAPATAN UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inovasi merupakan salah satu yang wajib dan perlu dilakukan oleh UMKM atau Pemda daerah ditengah situasi pandemic covid-19 saat ini. Salah satu contoh inovasi pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan UMKM dimasa pandemic adalah Kabupaten Gunungkidul dengan inovasinya yaitu Gerakan Bangga Pakai Produk Buatan Gunungkidul “Gerbang Pak Probo”. Kecamatan Wonosari dipilih sebagai lokasi penelitian karena Wonosari merupakan ibukota Kabupaten Gunungkidul, dimana Kabipaten Gunungkidul terkenal dengan kawasan wisata baharinya, seperti pantai dan juga air dibawah tanah lainnya, pegunungan dan juga konservasi hutan, dimana banyak sekali para wisatawan memilih untuk ke kota Wonosari untuk berwista ke obyek yang dipilih, sehingga terdapat banyak UMKM yang bergerak pada bidang oleh-oleh entah itu makanan ataupun pakaian atau kerajinan lainnya. Di Kecamatan Wonosari tidak mudah menemukan market nya atau pembeli disbanding kawasan lainnya di Yogyakarta, sehingga market UMKM ini adalah para wisatawan, namun dengan adanya covid-19 mengakibatkan tempat wisata ditutup dan penjualan UMKM sangat berkurang, sehingga untuk menghidupkan kembali perekonomian UMKM dan daerah, Pemerintah daerah Gunungkidul membuat inovasi Gerbang Pak Probo sebagai jalan mempromosikan produk lokal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 31 UMKM yang terdaftar dalam “Gerbang Pak Probo” yang bertempat di Kecamatan Wonosari dan sekitarnya, data dioleh menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi “Gerbang Pak Probo” berpengaruh positif ii signifikan terhadap pendapatan UMKM dimasa Pandemi covid-19 di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, hal tersebut ditujukan pada hasil olah data menggunakan pearson product moment bahwa memiliki r tabel 0.438 dimana angka tersebut lebih besar dari r tabel yaitu 0.355, maka antara Inovasi Gerakan Bangga Pakai Produk Buatan Gunungkidul “Gerbang Pak Probo” berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM dimasa Pandemi covid-19 pada tahun 2020-2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INOVASI, PENDAPATAN, UMKM, GERBANG PAK PROBO
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 May 2022 01:56
Last Modified: 19 May 2022 01:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29837

Actions (login required)

View Item
View Item