ANNISA AMALIA (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI (AL-ISLAM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran, kendala-kendala pembelajaran, dan solusinya di SD Muhammadiyah Karangharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Karanghajo. Subjek penelitian guru mata pelajaran pendidikan Al-Islam dan orangtua siswa. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dengan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah Karangharjo yaitu: (1) Adanya pelaksanaan pembelajaran blended learning yaitu pembelajaran daring dan luring; (2) adanya penggunaan media pembelajaran seperti google classroom, yotube, dan link; (3) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu dengan metode praktik dan ceramah; (4) adanya evaluasi pembelajaran Al-Islam dengan penilaian praktik. Kendala yang dihadapi oleh guru Al-Islam yaitu: (1) siswa kurang memperhatikan instruksi yang dilakukan oleh guru; (2) adanya siswa yang terlambat mengumpulkan tugas; (3) tidak tersedianya buku panduan; (4) adanya kesulitan orang tua saat membimbing anak. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika dari pembelajaran Al-Islam yaitu: (1) adanya kerja sama guru dengan orang tua siswa; (2) adanya bimbingan dari guru Al-Islam kepada peserta didik secara rutin.
Dosen Pembimbing: | TUMIN, M.A., PH.D. and ANISA DWI MAKRUFI, S.PD.I., M.PD.I. | NIDN1320098401, NIDN0505089001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PROBLEMS, LEARNING, ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION (AL-ISLAM). |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 07:25 |
Last Modified: | 19 May 2022 07:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/29877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |