FANISA AMALIA FIRDAUS (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING DI SD NEGERI SIDAKAYA 05 CILACAP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI secara daring, selain itu untuk mengetahui kendala pembelajaran PAI secara daring dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Guru PAI, Guru kelas V dan walimurid dalam merespon kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran PAI secara daring di SDN Sidakaya 05 Cilacap. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini di SDN Sidakaya 05 Cilacap. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAI, guru kelas V dan walimurid. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring, guru menyampaikan materi melalui sosial media seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Classroom. Guru mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Guru berkoordinasi dengan guru kelas. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan peserta didik saat pembelajaran daring yaitu menyiapkan meja belajar, buku tulis, pensil, dan yang utama adalah gadget; 2) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran PAI secara daring di SDN Sidakaya 05 Cilacap yaitu kurangnya peran orang tua dalam pendampingan aktivitas pembelajaran daring anak, banyaknya tenaga pendidik yang masih awam akan metode pembelajaran daring, kurangnya pengetahuan guru dalam mengelola media sosial, serta terbatasnya kuota dan susahnya sinyal internet; 3) Upaya yang dilakukan oleh Guru PAI, Guru kelas V dan walimurid yaitu dengan melaksanakan pembelajaran luring (tatap muka). Berdasarkan data yang telah diungkapkan oleh guru PAI, guru kelas dan walimurid pembelajaran PAI secara daring ini dikatakan tidak efektif sehingga diperlukan upaya yang efektif dan relevan untuk mengatasi problem tersebut dengan mengadakan pembelajaran secara luring maupun blended learning.
Dosen Pembimbing: | TUMIN, M.A., PH.D. and ANISA DWI MAKRUFI, S.PD.I., M.PD.I. | NIDN1320098401, NIDN0505089001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN DARING, PAI. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:10 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |