RINA MELATI (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI UNIVERSITY RESIDENCE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (736kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab I.pdf
Download (213kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengorganisasian pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di UNIRES Putri UMY, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi penyampaian Tahfidz Al-Qur’an di UNIRES Putri UMY, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di UNIRES Putri UMY. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang bersifat penemuan. Artinya penelitian ini didesain secara umum, fleksibel dan bisa berkembang selama proses penelitian sampai ditemukan kejenuhan suatu data. Lokasi dalam penelitian yakni UNIRES UMY, objek penelitian ialah strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di UNIRES UMY sedangkan untuk subjek penelitian ialah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan mentoring Tahfidz Al-Qur’an, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki penelitian lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di UNIRES Putri UMY menggunakan tiga strategi pembelajaran menurut teori Hamzah B Uno, yakni strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran. Terdapat faktor pendukung strategi pengorganisasian pembelajaran yakni: adanya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan penilaian. faktor penghambatnya yakni: kondisi Tahfidz Al-Qur’an seusai sholat shubuh, adanya residen yang masih dirumah. Faktor pendukung strategi penyampaian pembelajaran yakni: terdapat media pembelajaran, buku mentoring Al-Islam dan Al-Qur’an, dan kegiatan belajar mengajar. faktor penghambatnya yakni: kurangnya pemahaman tahsin/tajwid. Faktor pendukung strategi pengelolaan pembelajaran yakni: pemberian motivasi, pembelajaran yang menyenangkan dan menarik, adanya hasil hafalan. faktor penghambatnya yakni: adanya problematika dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:04 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30109 |