TINGKAT KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN PARAMETER INDEKS KARIES PADA ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH MANDIRI, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Rias Trisanti (2011) TINGKAT KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN PARAMETER INDEKS KARIES PADA ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH MANDIRI, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta' ❑epartemen Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?
ABSTRAK Anak-anak merupakan kelompok yang paling rentan terhadap berubahan sosial, politik, dan ekonomi yang tengah berlangsung. Hal ini dapat terjadi pada anak jalanan, oleh karena itu dibuatlah rumah singgah sebagai wahana perantara bagi pihak-pihak yang ingin membantu anak jalanan. Prevalensi karies pada anak jalanan sangat tinggi karena pola hidup mereka yang tidak teratur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat status kesehatan gigi dan mulut anak jalanan berdasarkan parameter indeks karies pada anak jalanan yang tinggal di Rumah Singgah Mandiri, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif mengenai indeks karies pada anak jalanan di Rumah Singgah Mandiri, Umbulharjo, Yogyakarta. Subyek penetitian ini adalah seluruh anak jalanan yang tinggal di Rumah Singgah Mandiri yang masuk ke dalam faktor inklusi. Alat dan bahan pada penelitian ini berupa alat diagnostik, bahan sterilisasi, sarung tangan, senter, dan masker. Subyek pada penelitian ini berjumlah 42 orang. Penelitian ini dilakukan dengan cara pemeriksaan karies pada anak jalanan. Hasi penelitian menunjukkan tingkat karies pada periode gigi desidui adalah 2,5 (rendah). Tingkat karies pada gigi bercampur menggukan indeks deft dan DMF-T, pada def-t 0,8 (sangat rendah) dan pada DMF-T 2,7 (sedang). Periode gigi permanen tingkat karies menunjukkan hash' 1,6 (rendah). Berdasarkan basil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesehatan gigi dan mulut pada anak jalanan di Rumah Singgah Mandiri pada periode gigi desidui eukup baik, pada periode gigi bercampur indeks def-t baik dan DMF-T sedang, dan pada periode gigi permanen cukup balk.
Veto liCionr.; • llicar;s•fr antair icaloraeri rriimuli e;rse-grseh

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:32
Last Modified: 19 Apr 2022 06:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30676

Actions (login required)

View Item
View Item