RUSTAM HAJI (2009) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PANGUK REJO UMBULHARJO CANGKRINGAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
|
Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
|
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang lebih jelas tentang
pelaksanaan pendidikan agama Islam, mengetahui materi pendidikan agama Islam,
dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksaaan pendidikan agama
Islam.
Penelitian dilakukan di SD Negeri Pangukrejo. Jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru pendidikan
agama Islam yang berperan sebagai pelaksana pembelajaran PAI sehingga guru
sebagai sumber utama dalam penelitian ini, siswa-siswi kelas II SD N Pangukrejo.
Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan agama Islam di SD N
Pangukrejo, umbulharjo, cangkringan, sleman. Metode pengumpulan datanya
adalah observasi, interview, dokumentasi dan analisis data.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan
pendidikan agama Islam khususnya pelaksanaan ibadah shalat di SD N Pangukrejo
berjalan dengan menggunakan berbagai macam metode. Diantaranya metode
ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas dan pembiasaan. Faktor
pendukung dalam pelaksaaan pendidikan agama Islam di SD N Pangukrejo antara
lain: kemandirian anak, kepercayaan wali murid dan masyarakat, kesadaran guru,
adanya sarana prasarana yang cukup. Faktor penghambatnya antara lain : hambatan
dari siswa, dari guru, dan hambatan dari wali murid. Dapat diatasi dengan cara
hekeriacama antara ouru nendidikan a0ama Islam. kenala sekolah. ouru kelas serta
| Dosen Pembimbing: | Ghoffar Ismail, S.Ag., M.A. | NIDN0503037201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Editor Perpus |
| Date Deposited: | 23 Apr 2022 07:32 |
| Last Modified: | 23 Apr 2022 07:32 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
