PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKRIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MENURUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENERAPANNYA DI SD SUMBEREJO NGABLAK MAGELANG PADA TAHUN 2008/2009

SURYANTO (2009) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKRIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) MENURUT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENERAPANNYA DI SD SUMBEREJO NGABLAK MAGELANG PADA TAHUN 2008/2009. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN] Text (HALAMAN PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha sekolah dalam
pemahaman dan penerapan Pembelajaran Akrif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) di SD Negeri Sumberejo Magelang, untuk mengetahui
permasalahan yang muncul dan hasil yang dicapai. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha peningkatan kualitas
pendidikan, dan dapat menambah nuansa pembelajaran yang lebih berbobot dan
bermutu. Juga merupakan khasanah ilmu pengetahuan dalam pengembangan
pembelajaran di era globalisasi sehingga tidak ketinggalan zaman.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sampel
guru-guru SD Negeri Sumberejo Ngablak Magelang. Sedangkan pengumpulan
data menggunakan metode wawancara dengan delapan orang guru.

Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa metode yang digunakan oleh
guru-guru SD Negeri Sumberejo, serta perencanaan mengajar telah disusun secara
sistematis sesuai kurikulum yang berlaku sedang dalam memahami dan
menerapkan PAKEM berbeda-beda dan masih terbentur beberapa kendala
sehingga penerapan PAKEM di SD Negeri Sumberejo nantinya dapat berjalan
dengan baik yang akhirnya dapat merubah nuansa pembelajaran yang lebih
berbobot dan bermutu atau berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Editor Perpus
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:35
Last Modified: 25 Apr 2022 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30912

Actions (login required)

View Item
View Item