SUDARDI (2009) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SD BUNGKUS PARANGTRITIS KRETEK BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
![[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (155kB)
![[thumbnail of HALAMAN JUDUL]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (433kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFATR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (158kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (283kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran guru pendidikan agama
Islam dam pembinaan akhlak siswa SD Bungkus.
Subyek penelitian ini adal& guru pendidikan agama Islam. Alat pengumpul data adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis &ta deskriptif
analitik.
Berdasarkan hasil penelitian xrta analisis data, terungkap bahwa peran dan tugas Gum Penédikan
Agama Islam dalam mengoptlmfllkan membina akhlak slswa di sekolah: memotivasi, memfasilitasi,
membimbing pembinaan disiplin ibadah. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan. Mengkoordinasi
lomba- lomba.Terllibat langsung &lam kegiatan, pergaulan &n pengalaman. Mengajak siswa bcrtakzi&
Mengkoordinasi kegiatan siswa. Mem&rikan motivasi kegiatan pnmuka. Mengingatkan siswa untuk selalu
membantu teman yang mengalnmi kesulitan. Pendekatan yang digunakan: pendekatan pengalaman,
pembiasaan, emosional, rasional, fungsional, dan hukuman. Norma-norma yang diperlukan
a&lahp:ratuian sekolah, keteladanan, p:mbiasaan.
Faktor pendukungnya, kepala sekolah, dewan guru dan tenaga keja lainnya, orang tua/wali siswa,
masyarakat, sarana yang fungsional. Faktor penghambatnya éri anak sendiri, lingkungan keluarga
yang kurang baik,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Editor Perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 01:32 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 01:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/30995 |