PENGARUH DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG dan DAUN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI MULTIRESISTEN BEBERAPA ANTIBIOTIK Staphylococcus aureus isolat ATCC 25925 (kajian In Vitro)

RATNA WIDI ANINGSIH (2012) PENGARUH DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG dan DAUN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI MULTIRESISTEN BEBERAPA ANTIBIOTIK Staphylococcus aureus isolat ATCC 25925 (kajian In Vitro). S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Pada saat ini banyak sekali kasus resistensi terhadap antibiotik, maka dan itu orang-orang beralih pada pengobatan herbal yang lebih alami. Tanaman asam jawa (Tamaindus indica L.) adalah salah satu tanaman yang berkhasiat untuk penyembuhan beberapa penyakit. Kulit batang dan daun asam jawa (Tamarindus indica L) mempunyai kandungan tannin, saponins, sesquiterpenes, alkaloids dan phlobatamins dimana kandungan zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif maupun gram negatif. Salah satu bakteri yang sering menimbulkan infeksi di rongga mulut adalah Staphylococcus aureus. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya antibakteri ekstrak etanol kulit batang dan daun asam jawa (Tamarindus indica L.) terhadap bakteri multiresisten beberapa antibiotik Staphylococcus aureus.
Jenis penelitian ini merupakan eksperimental laboratorium, menggunakan bahan uji ekstrak etanol kulit batang dan daun asam jawa (Tamarindus indica L.) dengan konsentrasi 100%, 50%, 25%, 12,5%, 6,25%, 3,12%, 1,56%, 0,78%, 0,39%, 0,19% kemudian diujikan dengan bakteri multiresisten antibiotik Staphylococcus aureus isolat ATCC 25925. KHM ditentukan dengan melihat kejernihan tabung pada metode dilusi cair. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan untuk memperoleh hasil yang realibilitas. Tabung yang tidak memperlihatkan pertumbuhan bakteri, ditanam pada medium agar dan diinkubasi. KBM diperoleh dengan melihat tidak adanya pertumbuhan bakteri pada medium agar pada konsentrasi terendah. Analisis data pada penelitian ini dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol kulit batang dan daun asam jawa (Tamarindus indica L.) mempunyai kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri multiresisten antibiotik Staphylococcus aureus isolat ATCC 25925 dengan KHM pada konsentrasi 0,195% dan KBM pada konsentrasi 6,25%.
Ekstrak etanol kulit batang dan daun asam jawa (Tamarindus indica L.) mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan bakteri multiresisten beberapa antibiotik Staphylococcus aureus.
Kata Kunci
A cnm i riw i .ctt7r)hvineneenrus aureus multiresisten antibiotik. antibakteri

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 30 May 2022 02:12
Last Modified: 30 May 2022 02:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32167

Actions (login required)

View Item
View Item