SARTINI (2009) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAIO SISWA SD MUHAMMADIYAH PULOKADANG CANDEN JETIS BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
![]() |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
Abstract
PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAQ SISWA SD MUHAMMADIYAH PULOKADANG CANDEN JET1S BANTUL
SARTINI NPM 20070720319
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran guru Agania Islam SD Muhammadiyah Pulokadang dalam usaha pembentukan akhlaq bagi siswa-siswinya. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan pengumpul data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis data deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data terungkap bahwa peran guru pendidikan agama islam SD Muhammadiyah Pulokadang adalah sebagai motivator, pembimbing model atau tauladan uswatun khasanah bagi siswa-siswinya. Adapun usahanya dalam pembentukan akhlaq adalah mengajarkan pelajaran yang ada tepat waktu dan memotivasi pada para siswanya dalam membiasakan diri bertingkah laku balk dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan tauladan dalam berbicara, bergaul dengan teman, guru, karyawan atau orang tua di sekolah. Mengadakan so tat dhuhur berjamaah, kultum dan kegiatan romadhon / pesantren kilat, pendidikan berkorban pada bulan surban, juga tabungan berkorban bagi guru dan karyawan SD Muhammadiyah Pulokadang. Sedangkan faktor pendukungnya adalah Kepala Sekolah, Dewan Guru, Dewan Sekolah serta wall murid. Dan faktor penghambat keterbatasan dana atau sarana prasarana misal gedung dan linalciunann QPIenlah vanci mPmariqi hncri dcwn-Q;c►rinun
Dosen Pembimbing: | Drs. Syamsudin, M.Pd. | NIDN0510076301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 30 May 2022 06:59 |
Last Modified: | 30 May 2022 06:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |