PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG GANGGUAN JIWA TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL PADA MASYARAKAT DI DUSUN PELEMADU SRIHARJO IMOGIRI BANTUL

Ukhti Aulia Rakhmah (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG GANGGUAN JIWA TERHADAP DUKUNGAN SOSIAL PADA MASYARAKAT DI DUSUN PELEMADU SRIHARJO IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

INTISARI Latar Belakang Dukungan sosial kepada penderita gangguan jiwa di Indonesia masih rendah. Direktur Medik dan Keperawatan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang mengatakan bahwa masyarakat belum mampu menerima dengan balk penderita gangguan jiwa, masyarakat belum mampu memperlakukan penderita gangguan jiwa dengan manusiawi dan kasih sayang. Penderita gangguan jiwa juga sering mendapat perlakuan diskriminasi dari masyarakat sekitarnya (Anonim, 2012).Perhatian positif dari masyarakat sekitar sangat diperlukan oleh penderita gangguan jiwa. Rendahnya dukungan masyarakat dan keluarga mengakibatkan kekambuhan pada penderita gangguan jiwa yang sudah dipulangkan dari rumah sakit. Berbagai upaya penyuluhan dan sosialisasi tentang gangguan jiwa perlu diberikan untuk menghilangkan stigma pada keluarga dan masyarakat terhadap gangguan jiwa (Hawari, 2007). Pemerintah RI bermaksud meningkatkan kesehatan jiwa di semua tingkatan termasuk melalui kebijakan program peningkatan partisipasi masyarakat dan kernitraan swasta dengan strategi pendidikan/penyuluhan/promosi tentang kesehatan jiwa melalui SK Kementrian Kesehatan No 220/Menkes/SK/I I/2002 ( Depkes RI, 2005). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang gangguan jiwa terhadap dukungan sosial masyarakat pada masyarakat di Dusun Pelemadu Desa Sriharjo Imogiri Bantul. Metode: Pre Ekperimental dengan dengan rancangan one group pretest posttest dengan pendekatan Cross sectional. Tingkat kesalahan 5% dan menggunakan bantuan program SPSS for windows release 15. Yrknik sampling yang digunakan adalah rotal sampling, Hasil: Dukungan sosial masyarakat kategori rendah sebanyak 17 orang (81.48%), kategori sedang 6 orang (22.22%) dan kategori tinggi 4 orang (14.82%). Hasil Llji statistic dengan nilai probabiliti (p)=0.000. Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang gangguan jiwa terhadap dukungan sosial masyarakat pada masyarakat di Dusun Pelemadu Desa Sriharjo Imogiri Bantul.
V.A.% k'ranri• Pondirlitran It'imcfahntan Flidrimann cncial Mncvnrnicat

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 31 May 2022 02:28
Last Modified: 31 May 2022 02:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32243

Actions (login required)

View Item
View Item