Produksi Iklan Layanan Masyarakat Media Televisi untuk Pencegahan Hoaks di Indonesia dalam Perspektif Copywriting Production of Television Media Public Service Advertisements for Prevention of Hoaks in Indonesia in a Copywriting Perspective

RIZKI PUTRA WICAKSANA (2008) Produksi Iklan Layanan Masyarakat Media Televisi untuk Pencegahan Hoaks di Indonesia dalam Perspektif Copywriting Production of Television Media Public Service Advertisements for Prevention of Hoaks in Indonesia in a Copywriting Perspective. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia, hoaks sudah mulai menyebar dengan sangat pesat dan menggerogoti masyarakat yang berdatnpak merusak psikologis masyarakat. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap hoaks sebagai salah satu penyebab dimana hoaks tetap ada. Ratusan bahkan ribuan lebih informasi disebar setiap harinya. Bahkan warganet kadang belum sempat memahami konten dari informasi tersebut namun reaksi atas informasi tersebut sudah lebih dulu bertindak. Banyak warga net cenderung kurang bijaksana dalam menggunakan media sosial yang mereka gunakan. Dengan mengatasnamakan kebebasan berpendapat dan berekspresi. Para pengguna Internet khususnya di media sosial, banyak yang merasa mempunyai hak penuh terhadap akun pribadi media sosial miliknya. Data Kemenkominfo menyebutkan bahwa ada sekitar 800.000 situs di Indonesia yang telah terindikasi sebagai penyebar informasi palsu. Kemenkominfo juga menyebut internet telah salah dimanfaatkan oknum tertentu untuk keuntungan pribadi dan kelompoknya dengan eara menyebarkan konten-konten negatif yang menimbulkan keresahan dan saling mencurigai di masyarakat. Melihat permasalahan yang telah dibahas, maka perlunya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pencehagan hoaks dan bijak dalam menerima atau mengirim sebuah informasi kepada khalayak. Salah satu fungsi iklan adalah meningkatkan awareness. Maka dari itu perlunya pembuatan tugas akhir ini dengan judul "Produksi Iklan Layanan Masyarakat Media Televisi untuk Pencegahan Hoaks di Indonesia dalam Perspektif Copywriting- , memiliki rumusan masalah bagaimana mencegah penyebaran hoaks dengan mengedukasi masyarakat meialui iklan layanan masyarakat audio visual serta memilih media komunikasi yang tepat sehingga sesuai dengan target audiens. Diharapkan iklan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk bijak dalam menerima dan memberi suatu informasi. Iklan layanan masyarakat ini terdapat tiga versi iklan TVC. Versi pertama menggunakan ide yang berawalan dari insight kurangnya kepedulian kaum muda terhadap berita yang disebarkan di grup media sosial keluarga. Versi kedua menggunakan ide dengan berawalan insight bahwa masih banyaknya masyarakat yang percaya terhadap berita hoaks tentang makanan tanpa mengklarifikasi terlebih dahulu. Dan yang ketiga menggunakan ide yang berawalan insight kcbiasaan masyarakat muda yang langsung bertindak ketika mendapatkan informasi tanpa mengklarifikasi berita tersebut. Pemilihan media dari ketiga iklan ini adalah internet seperti Youtube, Facebook, dan Instagram. Internet dipilih karena menyesuaikan target audience yang disasar.
Kata Kunei: hoaks, ILM, target audience, copywriting

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:50
Last Modified: 06 Jun 2022 02:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32402

Actions (login required)

View Item
View Item