HUBUNGAN PENGETAHUAN,SIKAP DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN MENGENAI KESELAMATAN PASIEN DALAM MELAKSANAKAN PROSEDUR PEMASANGAN INFUS DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Shelly Juliana A (2010) HUBUNGAN PENGETAHUAN,SIKAP DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN MENGENAI KESELAMATAN PASIEN DALAM MELAKSANAKAN PROSEDUR PEMASANGAN INFUS DI RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Latar belakang : Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pihak manajemen Rumah Sakit mengelola suatu sistem yang mengutamakan keselamatan pasien/patient safety. Pemasangan infus merupakan tindakan yang cukup sering dilakukan di Rumah sakit. Tindakan pemasangan infus akan berkualitas bila dalam pelaksanaannya selalu mengacu pada standar yang telah ditetapkan. Tenaga kesehatan hams memiliki dasar pengetahuan dan kompetensi mengenai protokol pelaksanaan dan implemenntasi untuk mencegah terjadinya komplikasi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan terhadap sikap, hubungan antara pengetahuan dengan perilaku tenaga kesehatan mengenai keselamatan pasien (pasien safely) dalam prosedur pemasangan infus di RSU PKU Muhammdiyah Yogyakarta. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian korelasi non eksperimental dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2010. Tekhnis analisis yang dipakai adalah korelasi Spearman Rank Subjek penelitian ini adalah tenaga kesehatan yang bekerja di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta di kamar rawat ibnu sina, dan kamar bayi. Jumlah subjek yg diteliti sebanyak 30 tenaga kesehatan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Hasil : Analisis dari pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan mengenai prosedur pemasangan infuse didapatkan hasil 0,786 untuk hubungan pengetahuan dengan sikap, 0,090 untuk hubungan pengetahuan dengan perilaku tenaga kesehatan mengenai keselamatan pasien (patient safety) dalam prosedur pemasangan infus. Masing-masing memiliki tingkat kepercayaan 95%. Kesimpulan : tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan sikap dan hubungan antara pengetahuan dengan perilaku tenaga kesehatan mengenai keselamatan pasien (pasien safety) dalam melaksanakan prosedur pemasangan infus di RSU PKU Muhammadiyah yogyakarta. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Keselamatan pasien, Pemasangan infuse.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Profesi Dokter
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:03
Last Modified: 06 Jun 2022 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32404

Actions (login required)

View Item
View Item