PENGARUH PEMBERIAN AIR PERASAN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L) TERHADAP KADAR EDL-KOLESTEROL DAN LDI- KOLESTEROL PADA TIKUS PUTIH YANG MENGALAMI HIPERKOLESTEROLEMIA

DEDY SEKMOWANGGORO (2010) PENGARUH PEMBERIAN AIR PERASAN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L) TERHADAP KADAR EDL-KOLESTEROL DAN LDI- KOLESTEROL PADA TIKUS PUTIH YANG MENGALAMI HIPERKOLESTEROLEMIA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Hiperkolesterolemia terjadi jika kadar kolesterol melebihi batas normal. Belimbing wuluh mempunyai kandungan kimia yang dibutuhkan manusia yaitu zat pektin mempunyai peranan dalam menurunkan kadar kolesterol, Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh air perasan belimbing wuluh terhadap kadar HDL-kolesterol dan LDL-kolesterol pada tikus putih yang mengalami Hiperkolesterolemia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian pre and post test control group design. Penelitian ini menggunakan tikus putih (Strain Wistar) jantan berusia 2 bulan dengan berat badan rata-rata antara 180 - 260 gram. Jumlah subyek penelitian 16 ekor, dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing terdiri dan 4 ekor tikus, yaitu I kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan (dosis 2 m1/200grBB/hari, 3 m1/200grBB/hari dan 4m1/2008-rBB/hari). Sebelum diberi perlakuan semua kelompok diberi kuning telur untuk proses hiperkolestrolemia selama 15 hari. Hasil uji statistik dengan uji one-way anova. Dosis Air Perasan Belimbing Wuluh yang paling baik dan signifikan (p< 0,05) untuk menurunkan LDL-kolesterol dan menaikkan HDL-kolesterol serum darah tikus putih jantan yang mengalami hiperkolesterolemi adalah 4 m1/200grBB/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:54
Last Modified: 07 Jun 2022 03:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32443

Actions (login required)

View Item
View Item