HIZBA MUHAMMAD ABROR (2022) STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA DAN AMIN ABDULLAH DALAM PEMBARUAN PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Islam dalam penerjemahan yang paling sederhana ialah proses pendewasaan manusia dalam rangka menjalani hidup yang sempurna serta mampu menjadi khalifah fil ‘ard dan memiliki kompetensi dari nilai-nilai khayru ummah berlandas pada prinsip Islam, iman, dan ihsan. Pada konteks ini penulis merasa bahwa pada perkembangannya, pendidikan Islam baik pada kelembagaan dan pengembangan pemikirannya ditujukan menghasilkan penyelenggaraan pendidikan yang juga mampu membaca pertanda zaman dan mengentaskan segala problematika kemanusiaan di masyarakat luas. Selain dari pada itu orientasi regenerasi pendidikan ialah melahirkan generasi “agent of rahmatan lil ‘alamiin”. Pembaruan pendidikan Islam menjadi hal yang terus diusahakan secara konsisten dan berkelanjutan. Tidak semata kepentingan eksistensi pendidikan Islam baik secar kelembagaan ataupun dirinya sendiri, melainkan sejatinya ia mampu menjelma menjadi pendidikan yang rahmatan lil alamiin dan melahirkan generasi-generasi khayru ummah. Maka dari itu penulis merasa perlu dilakukan perombakan dalam strukturisasi pendidikan Islam tidak hanya pada kerangka berpikir namun sampai tataran kelembagaan. Dari permasalahan tersebut penulis mendapati sebagai Langkah awal dalam menjawab tantangan ini perlu untuk kemudian kembali mengkaji pemikiran-pemikiran khususnya dalam kajian pendidikan Islam. Tokoh intelektual Indonesia yang memiliki corak pemikiran yang sama sekaligus praktisi dalam pendidikan, yakni; Azyumardi Azra dan Muhammad Amin Abdullah. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengurai pemikiran Azyumardi Azra dan Amin Abdullah mengenai pembaruan Pendidikan Islam. Menggunakan metode library research peneliti mengumpulkan data melalui berbagai sumber primer maupun sekunder. Adapun hasil yang didapatkan adalah pembaruan pendidikan Islam perlu memiliki cakupan, antara lain; paradigma dan kelembagaan. Dalam sisi yang laim pembaruan juga diupayakan dalam reintegrasi epistemologi ilmu.
Dosen Pembimbing: | MUHAMMAD AZHAR, PROF. DR. DRS., M.AG. and FIRMAN MANSIR, DR., M.PD.I. | NIDN0508086101, NIDN0407058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | ISLAMIC EDUCATION, AZYUMARDI AZRA, AMIN ABDULLAH, INNOVATION |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 08:29 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 08:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/32449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |