Diar Astuti (2020) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH (STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap budaya sekolah yang diterapkan untuk meningkatkan mutu lulusan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, menganalisis budaya sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dalam meningkatkan mutu lulusan, dan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Di samping itu, penelitian ini menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu lulusan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah kepala sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Analisis data dilakukan melalui tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat empat budaya sekolah yang diterapkan SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dalam meningkatkan mutu lulusan, yaitu budaya religiusitas, budaya peningkatan mutu siswa melalui kegiatan ekstra dan program unggulan, budaya literasi, dan budaya sekolah ramah anak; (2) budaya sekolah penting dalam meningkatkan mutu lulusan baik secara akademik maupun nonakademik. Kebiasaan positif yang dibudayakan di sekolah dapat membentuk karakter yang positif, dapat menambah kepercayaan diri dalam berprestasi dan melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya serta berpengaruh dalam menciptakan generasi yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. (3) kepala sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 dalam menjalankan perannya tidak hanya sebagai pemimpin tetapi juga sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, inovator dan motivator. (4) peningkatan mutu lulusan didukung dengan keterlibatan aktif seluruh stakeholder, latar belakang wali murid yang mayoritas mampu dari segi ekonomi dan sangat kooperatif, sehingga program sekolah yang membutuhkan dana lebih dapat terlaksana seperti program sisterschool yang menjadi salah satu program unggulan, dan tingkat pemahaman orang tua mengarahkan siswa untuk berperilaku positif di sekolah dapat diterapkan di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum lengkapnya sarana prasarana yang dimilki sekolah.
Kata kunci: peran, kepemimpinan kepala sekolah, mutu lulusan, budaya sekolah
Dosen Pembimbing: | DRS. SYAMSUDIN, M.PD. | NIDN0510076301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:38 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |